Cara Memperbaiki Mouse Wireless yang Tidak Terhubung di Windows

Menghadapi masalah mouse wireless yang tidak bisa terhubung atau terkoneksi di Windows 10 /8/7 merupakan hal yang susah-susah gampang, jika Anda sedang mengalami masalah ini . Berikut ini adalah cara untuk memperbaiki mouse wireless yang tidak berfungsi (tidak jalan)  di komputer /laptop  Windows 10/8/7 .

Di sini, Kami akan berbagi metode solusi  yang berbeda untuk mengatasi masalah  mouse wireless yang tidak bekerja pada komputer Windows 10 /8/7 :

Metode 1: Lepaskan Konektor USB dan Baterai Mouse Wireless

Sebelum melakukan apapun, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melepas receiver USB yang telah Anda hubungkan ke laptop atau PC Anda dan juga keluarkan baterai yang Anda gunakan di mouse Anda.

Setelah melepaskan kedua unit ini , tunggu selama 5 sampai 10 detik dan masukkan kembali baterai bersama dengan konektor USB Mouse . Terkadang, tindakan re-starter kecil ini akan memperbaiki mouse wireless

Metode 2: Update Driver Mouse Wireless

Jika driver mouse Anda tidak bekerja dengan benar maka juga menyebabkan timbulnya masalah ini. Anda harus menuju ke Device Manager dan memeriksa apakah ada masalah dengan driver mouse. Begini caranya:

Langkah (1): Pertama-tama, buka kotak dialog Run dengan menekan tombol Windows + R bersamaan dan kemudian ketik devmgmt.msc di dalamnya dan tekan tombol Enter untuk membuka Device Manager .

Atau sebagai alternatif , Anda dapat membuka Device Manager dengan mengklik kanan tombol Start menu dan kemudian memilih Device Manager .

Langkah (2): Pada jendela Device Manager, rentangkan bagian mouse dan pilih Mice and other pointing devices

Langkah (3): Periksa dan lihat apakah Anda melihat tanda kuning tepat di sebelah driver mouse. Jika Anda melihat tanda seru berwarna kuning berarti ada masalah dengan driver mouse dan Anda perlu memperbarui driver mouse .

Menginstal ulang atau memperbarui driver mouse akan membantu Anda dalam memperbaiki mouse wireless di Windows .

Metode 3: Pindahkan Port USB Mouse Wireless di port lainnya.

Cukup, lepaskan konektor mouse wireless Anda dari port USB saat ini dan masukkan ke port USB lain di laptop atau komputer desktop Anda.

Metode 4: Ganti Baterai Mouse Wireless

Tingkat baterai yang rendah juga menyebabkan tidak bisanya mouse wireless pada sistem operasi Windows . Karena mouse wireless berjalan menggunakan baterai dan ada kemungkinan baterai mouse Anda sudah habis.

Jadi, cobalah ganti set baterai lama dengan yang baru lalu coba gunakan mouse nirkabel di laptop atau komputer desktop Anda.

Metode 5: Gunakan Mouse Wireless di Komputer yang Berbeda

Jika metode yang dijelaskan di atas gagal untuk memperbaiki kesalahan mouse wireless di Windows, Anda bisa mencoba menggunakan mouse wireless pada komputer lain. Jika ternyata pada komputer lain bisa. Kemungkinan besar terjadi masalah pada sistem maupun hardware komputer/laptop Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *