Google Assistantatau sering disebut “Ok Google” dapat membantu kita layaknya membawa asisten sendiri yang tersedia secara permanen di saku kita. Jika Anda pengguna Android mungin pernah mengalami masalah pada “Ok Google” yang tidak responsif bahkan tidak berfungsi sama sekali. Tapi Anda jangan kuatir, ada beberapa perbaikan sederhana yang dapat Anda coba yang seharusnya bisa membuat fitur Ok Google ini kembali normal.

Berikut ini adalah Cara Memperbaiki “Oke Google” yang tidak berfungsi :

1. Periksa mikrofon di ponsel Anda

Sebagai sistem berbasis voice atau suara, Oke Google atau Google Assistant bergantung pada akses ke mikrofon ponsel Anda. Saat Anda membuka aplikasi Google, ikon mikrofon di sisi kanan bilah pencarian akan tampil dengan huruf tebal. Jika memiliki garis putus-putus, Anda mungkin memiliki masalah dengan mikrofon Anda.

Hal ini mungkin disebabkan oleh adanya serpihan debu di lubang mikrofon yang sering ditemukan di sebelah port pengisian daya . Bersihkan lubang mikrofon ini dengan hati. Jika itu tidak berhasil, periksa pengaturan mikrofon di dalam aplikasi Google.

Kadang-kadang, aplikasi yang berjalan di background membuat suara yang dapat mengganggu mikrofon untuk mengenali suara Anda, jadi periksalah ini juga.

2. Cek pengaturan bahasa Anda di Ponsel Anda

Jika Ok Google atau Google Assistant tidak menanggapi permintaan Anda, mungkin itu karena Anda berbicara dalam bahasa yang salah. Bahasa Inggris US akan menjadi bahasa default bagi banyak ponsel, tetapi masih layak untuk dicek di menu Pengaturan dan ubah sesuai kebutuhan. Untuk melakukan ini, buka aplikasi Google dan kemudian menu utamanya, lalu buka

Pengaturan> Suara (di bawah Pencarian), lalu pilih bahasa yang sesuai .

Di sana Anda akan melihat lusinan opsi bahasa, masing-masing dengan kotak centang, sehingga Anda dapat mengatur bahasa primer dan sekunder jika diinginkan.

Google akan secara otomatis mendeteksi bahasa yang Anda gunakan dan beralih di antara mereka secara otomatis. Jika Anda ingin set menjadi multibahasa, yang harus di ingat adalah bahwa pengenalan suara untuk bahasa selain bahasa Inggris kadang-kadang hasilnya tidak sesuai dengan yang di inginkan.

3. Khusus Bagi pengguna Ponsel Samsung ,Nonaktifkan fitur S Voice atau Bixby

Meskipun tidak ada alasan yang jelas mengapa, tampaknya Google Assistant tidak selalu kompatibel dengan Bixby (atau aplikasi S Voice) di ponsel Samsung. Jika Anda memiliki Samsung dengan Bixby atau S Voice yang sudah diinstal , cara terbaik untuk Anda adalah menonaktifkan Bixby atau S Voice .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here