Picture Transfer Protocol (PTP) adalah protokol transfer, yang berfungsi untuk mentransfer foto atau file di ponsel Android dan ponsel lainnya. USB PTP adalah alternatif umum untuk penyimpan massal dengan cara menghubungkan USB (USB MSC) ke komputer/laptop.

Sedangkan MTP adalah singkatan dari ‘ Media Transfer Protocol ‘. Sebagai perpanjangan dari Picture Transfer Protocol (PTP), fungsi MTP ini memungkinkan file media ditransfer secara atomik ke dan dari perangkat portabel. Dalam kata lain, Fungsi PTP lebih banyak mensupport jenis data daripada yang dimiliki oleh PTP, yang memungkinkan untuk mentransfer file ke Windows atau Mac.

Masalah umum yang terjadi adalah tidak adanya pilihan MTP / MSC ketika kita menghubungkan ponsel baik itu Android dan jenis ponsel lainnya  ke komputer atau bahkan perangkat atau ponsel tidak dikenali oleh komputer. Seperti contoh kasus dibawah ini :

“kenapa Modus koneksi USB MTP / MSC tidak muncul di telepon saya setelah menghubungkannya dengan kabel USB ke Komputer ?dan muncul pesan   the phone isn’t detected (windows says: device not recognized) but it only charges the battery., kalau diartikan lebih kurang seperti ini : telepon tidak terdeteksi (windows mengatakan: perangkat tidak dikenali ) tapi hanya mengisi baterai. “

Jika Anda sedang mengalami masalah diatas berikut ini adalah cara memperbaikinya :

Solusi 1: Pastikan Anda sudah menghidupkan USB Debugging

Untuk memecahkan masalah ini, hal pertama yang dilakukan adalah memastikan bahwa Anda telah mengaktifkan USB debugging pada perangkat telepon Anda .  Cara mengaktifkan USB Debugging :

  1. Buka Pengaturan dan tekan pada Tentang ponsel.
  2. pergi ke Membangun Nomor dan tekan tujuh kali.
  3. Setelah melakukan hal itu, Anda akan dapat mengaktifkan USB Debugging.

Solusi 2: Restart Android Anda

Ini adalah metode tercepat dan paling sederhana untuk mengatasi masalah  ini. Restart ulang perangkat Android Anda karena dapat menyegarkan perangkat lunak yang berjalan di Android dan dapat mengatasi kesalahan kecil Yang terjadi .

Solusi 3: Cobalah kabel USB atau komputer lain

Yang terpenting , Anda harus memastikan bahwa kabel USB tidak rusak dan bisa digunakan secara normal. Atau, Anda mungkin juga bisa mencoba kabel USB lain jika memungkinkan. Kedua , pertimbangkan juga apakah keselahan itu berasal dari komputer Anda. Pastikan juga mengetes pada komputer yang berbeda.

Solusi 4: Instal Driver USB di Komputer

pastikan driver USB sudah diinstal pada komputer Anda . Jika penginstalan driver gagal, perangkat tidak dapat terhubung ke komputer dengan . Untuk memastikannya , di PC Anda, masuklah ke “Device Manager” dan gulir ke bawah ke “Universal Serial Bus controllers”. Cari Perangkat MTP: Media Device, Unknown Device . Klik dan pilih “Uninstall” kemudian copot kabel usb dan coba sambungkan kembali  .

Solusi 5: Setel ulang Ponsel ke Pengaturan Pabrik

Masuk ke “Settings”> “Reset”> “Factory data reset”> “RESET DEVICE”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here