Cara Memperbaiki WIFI Lambat di Ponsel Android

0

Setiap perangkat elektronik dan gadget memang rentan terhadap masalah, baik itu masalah hardware , masalah software atau bahkan masalah pada perangkat WIFI itu sendiri. Salah satu masalah yang terjadi adalah tentang masalah WiFi yang lambat. Kita semua mungkin sudah mengetahui koneksi WiFi tetap menjadi pilihan terbaik dan direkomendasikan terutama saat Anda melakukan streaming film , bermain game dan lainya di ponsel Android Anda.

Jika Anda terhubung ke koneksi WiFi namun Anda merasa koneksi Anda terasa lebih lambat, ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Berikut adalah opsi opsi perbaikanya :

1.  Sinyal WIFI yang Jelek

Salah satu alasan utama Wi-Fi ponsel Anda lambat adalah karena sinyal yang Anda dapatkan terlalu lemah. Ini sangat mempengaruhi pada kecepatan pada koneksi WIFI. Jadi pastikan sinyal WIFI yang Anda dapatkan cukup baik.

Baca Juga : Cara meningkatkan akurasi sinyal Wifi di Android

2. Adanya Gangguan pada Sinyal WIFI

Apakah Anda sudah mengetahui, kalau Wi-Fi juga rentan terhadap suara bising dari peralatan lain di rumah Anda. Peralatan seperti microwave, bel pintu nirkabel, remote control dan telepon nirkabel dapat mengganggu sinyal dari router  WIFI.

Jadi, saran saya, tempatkan Router WIFI Anda ditempat yang jauh dari kebisingan.

3. Nonaktifkan Aplikasi VPN di Ponsel Android Anda

Koneksi WIFI di ponsel Android Anda bisa saja tiba-tiba menjadi lambat,dikarenakan aplikasi VPN. Karena ada saatnya juga aplikasi VPN ini mengalami masalah down dan problem lainya. Jadi jika Anda merasakan tiba tiba lambat dari yang biasanya dan Anda juga menggunakan aplikasi VPN.

Saran saya, cobalah untuk menonaktifkan aplikasi VPN untuk sementara.

4. Matikan Koneksi DATA Seluler Saat Terhubungan dengan WIFI

Tips kempat ini, jangan mengaktifkan koneksi wifi dan data seluler secara bersamaan karena dapat memicu terjadinya konflik.

Jadi, nonaktifkan koneksi data saat terhubung dengan WIFI.

5. Matikan Pembatasan Bandwidth di Ponsel Android

Rata rata ponsel android saat ini sudah memiliki fitur Pembatasan Bandwidth bawaan, yang pada dasarnya berfungsi untuk menghemat data saat Anda menggunakan koneksi Data Seluler.

Pastikan fitur ini tidak aktif saat anda menggunakan jaringan WIFI.

6. Restart Ponsel dan WIFI Anda

Jangan lupa juga untuk merestart ponsel dan WIFI Anda, guna mengantisipasi terjadinya bug sistem.

7. Banyak Pengguna WIFI

Apakah WIFI yang lambat memiliki banyak pengguna ? Jika ia, maka inilah yang menjadi sumber penyebabnya.

8. Ponsel Android Anda Lambat

Jika ponsel Anda ini juga dapat mempengaruhi pada kecepatan WIFI. Koneksi Wi-Fi Anda mungkin bagus, jangkauan data seluler Anda sempurna, dan Anda berada di jaringan yang cepat. Tapi mungkin ponsel Android Anda tidak bisa mengimbangi dikarenakan sistem yang lambat.

Jadi, saran saya fokuslah untuk mempercepat ponsel android Anda terlebih dahulu.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here