Adobe Photoshop adalah aplikasi yang cukup besar dan memiliki source yang berat. Kadang-kadang, bisa sangat lambat atau bahkan lebih parah lagi bahkan bisa menyebabkan komputer crash/hang. Jika Anda mengalami masalah ini, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya bekerja normal kembali diantaranya adalah :

1. Restart Ulang Komputer Anda

“Mematikan dan menghidupkan kembali”  komputer adalah tips yang paling umum karena suatu alasan: yaitu sering berhasil mengatasi masalah, dan Photoshop tidak terkecuali. Jika Anda bekerja dengan file besar atau foto, komputer Anda harus menyimpan banyak data dalam RAM.  Terlebih lagi jika Anda ada membuka aplikasi lain selain Photoshop . Jadi tips terbaik adalah jangan membuka aplikasi lain jika Anda sedang menggunakan Photoshop.

2. Reset Preferensi Photoshop

Jika Anda sudah merestart ulang komputer Anda dan Photoshop tetap lambat, cobalah untuk mereset preferensi di konfigurasi photoshop, dan mengaturnya menjadi ke keadaan default.

Untuk melakukannya, buka Photoshop dan klik menu Edit > Preferences > Performance> Pilih Default . Kemudian akan muncul notifikasi “Delete the Adobe Photoshop Settings File,” kemudian klik “Yes”

3. Nonaktifkan Plugin Pihak Ketiga yang Ada di Photoshop

Plugin pihak ketiga adalah penyebab umum melambatnya photoshop. Untuk memeriksa apakah salah satu dari ini yang menyebabkan masalah Anda, buka Photoshop dan klik menu Edit > Preferences > plugins

Kemudian hilangkan ceklis seperti gambar dibawah ini :

4. Tingkatkan RAM Anda

Jika ketiga cara diatas belum berhasil saya menyarankan untuk menambah kapasitas RAM Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here