Cara Mengatasi error bookmark not defined di pdf

0

Fitur bookmark dapat kita gunakan untuk membuat hyperlink atau menavigasikan ke bagian tertentu. Contohnya saja untuk membuat daftar isi. Fitur ini memang sangat berguna untuk memudahkan pengguna untuk membaca suatu file di di pdf. Karena dari daftar isi kita dapat langsung menuju konten yang ingin kita lihat, jadi tidak perlu lagi repot repot untuk scroll. Namun bookmark ini juga sering kali mengalami masalah. Salah satu masalah yang paling umum adalah munculnya error bookmark not defined di pdf yang disebabkan karena proses konversi dari word ke pdf yang tidak benar.

Untuk membantu Anda berikut adalah solusi perbaikan yang bisa Anda lakukan untuk Mengatasi error bookmark not defined di pdf :

1. Ganti Bookmark yang Hilang

Jika ini terjadi pada Microsoft Word,  setelah di konversikan ke pdf akan terjadi masalah juga. Jadi Anda harus melakukan perbaikan terlebih dahulu pdi Microsoft word dengan cara mengganti bookmark yang hilang dengan cara yang sudah pernah kami bahas pada artikel Cara Memperbaiki error “bookmark not defined”

2. Aktifkan Fitur Update fields before printing Sebelum Konversi ke PDF

Sebelum Anda melakukan konversi ke PDF pastikan Fitur Update fields before printing sudah di centang di pengaturan Microsoft word. Untuk caranya Anda bisa ikuti langkah langkah berikut ini :

  • Pada Microsoft word klik Menu File > Options
  • Klik pada tab Display dan setelah itu cari dan ceklist Update fields before printing

3. Ulangi Proses Konversi PDF

Jika Error bookmark not defined terjadi di pdf, kemungkinan besar ada yang salah saat Anda melakukan proses konversi. Untuk itu Anda perlu melakukan proses konversi ulang dengan cara :

  • File Save As > Save as type pilih PDF
  • Kemudian klik Options  
  • Ceklist Pada Create bookmarks using > pilih Headings

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here