Cara Mengatasi error code 0xc00000e di Windows 10 & Windows 11

0

Error code 0xc00000e adalah sebuah masalah yang muncul ketika PC/Laptop sedang melakukan proses startup. Cukup banyak dari pengguna windows baik itu windows 10 ataupun versi terbaru windows 11 mengalami kesalahan ini .

Untuk penyebab munculnya masalah error code 0xc00000e ini terjadi ketika adanya masalah pada hardware atau file sistem startup windows yang rusak atau conflik.

Karena penyebab munculnya error 0xc00000e berbeda-beda, maka opsi perbaikan yang bisa Anda lakukan juga dilakukan secara bertahap. Dan solusi perbaikan dibawah ini bisa Anda lakukan tanpa menghapus data Anda.

Berikut ini adalah Cara Mengatasi error code 0xc00000e di Windows 10 & Windows 11 :

1. Lepas Media Penyimpanan Eksternal Yang Terpasang di PC/Laptop

Pastikan media penyimpanan seperti USB Flashdisk / Hardisk Eksternal sudah di lepas dari port USB Anda. Karena apabila media penyimpanan eksternal ini masih terpasang saat kita menghidupkan PC/Laptop akan membuat sistem boot meneger bingung da salah membaca boot priority.

Jadi pastikan tidak ada media penyimpanan eksternal yang terpasang saat menghidupkan PC/Laptop.

2. Periksa Koneksi Hardisk / SSD & Pengaturan BIOS

Solusi kedua ini kita mulai dari cara yang sederhana terlebih dahulu, karena error code 0xc00000e pada umumnya disebabkan oleh sistem windows tidak mendetaksi atau membaca hardisk / SSD Anda.

Terlebih lagi jika Anda melakukan instalasi menggunakan sistem cloning disk, error code 0xc00000e lebih rentan terjadi. Oleh sebab itu pastikan terlebih dahulu hardisk / SSD Anda sudah terpasang dengan benar.

Jika sudah dipastikan hardisk / SSD terpasang dengan baik, selanjutnya adalah melakukan pengaturan di BIOS, untuk caranya :

Masuk ke BIOS Anda > pada Main Menu  perhatikan pada bagian Sata / Primary Drive apakah Hardisk Anda terdeteksi disana ? Jika sudah, pastikan urutanya sudah berada di SATA 1.

Dan tekan tombol F10 untuk menyimpan pengaturan.

Catatan :

  • Jika Anda menggunakan 2 penyimpanan seperti SSD dan Hardisk dalam 1 PC/Laptop , pastikan pada SATA 1 adalah tempat penyimpanan Sistem Operasi Windows.  Jangan lupa tekan F10 untuk menyimpan pengaturan yang sudah dilakukan.
  • Jika Anda menggunakan 1 media penyimpanan saja, cukup lakukan Reset Default pada BIOS, kemudian simpan pengaturan dengan menekan F10.

Cara Masuk BIOS di Semua PC & Laptop Windows 11

3. Perbaiki Sistem Startup

Pada solusi ketiga ini, kita akan perbaiki sistem boot manager windows. Untuk caranya sudah pernah kami bahas pada artikel dibawah ini :

Cara Memperbaiki Sistem Startup Windows

4. Repair / Instal Ulang Windows Anda

Jika semua cara diatas belum berhasil, solusi teakhir adalah melakukan repair pada windows Anda. Atau jika memungkinkan lebih baik lakukan instalasi ulang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini