Cara Mengatasi Shutdown yang Lambat di Windows 11 dan Windows 10

0

Bagi Anda yang sehari-hari yang bekerja di depan komputer , pastilah menghidupkan dan mematikan komputer adalah rutinitas wajib yang Anda jalani. Akan tetapi, pernahkah Anda mengalami masalah dimana saat melakukan shutdown pada komputer / laptop tidak kunjung mati atau walaupun mati sangat lama sekali. Saya hampir dapat pastikan Anda tidak akan sabar untuk menunggu proses shutdown yang sangat lama ini .

Sebenarnya, proses shutdown pada windows 11 dan windows 10 normalnya hanya beberapa detik. Akan tetapi jika waktu yang Anda butuhkan untuk shutdown PC/Laptop bermenit-menit atau bahkan sampai berjam-jam, itu menandakan ada yang tidak beres pada perangkat komputer Anda.

Tapi jangan kuatir, pada artikel ini kami akan memberikan tips kepada Anda bagaimana cara mengatasi masalah shutdown yang lambat ini. Dengan cara yang mudah dan efektif.

Berikut adalah Cara Mengatasi Shutdown yang Lambat di Windows 11 dan Windows 10 :

1. Lepaskan Semua Sambungan Perangkat Yang Terhubung Pada USB-Type C  dan USB Biasa

Pada websitenya, microsoft telah mengkonfirmasi bahwa ada bug  yang dapat mempengaruhi proses shutdown , yang menyebabkan proses shutdown menjadi lambat. Termasuk bug dalam perangkat lunak USB Type-C Connector System Software Interface (UCSI) .

Jadi, lepaskan semua perangkat yang terhubung pada USB Type C.

2. Nonaktifkan Sistem Page File Shutdown

Selanjutnya adalah dengan menontifkan Sistem Page File Shutdown, untuk caranya Anda bisa ikuti Langkah Langkah dibawah ini :

  • Tekan tombol Windows + R kemudian ketikan perintah :
gpedit.msc
  • Kemudian pergi ke :
  • Windows Settings > Security Settings > Local Policies > Security Options
  • Pada Security Options cari dan Double Klik pada Shutdown : Clear virtual memory pagefile
  • Selanjutnya  pilih Disable
  • Dan klik OK

3. Solusi Lebih Lanjut

Jika dengan cara diatas belum masih ada perubahan pada proses shutdown, Anda dapat menerapkan solusi lebih lanjut. Untuk caranya sudah pernah kami bahas pada artikel sebelumnya pada link artikel dibawah ini :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini