Cara Mengatasi Error Code-12 Koplayer

0

Koplayer adalah salah satu emulator Android yang cukup banyak digunakan saat ini. Salah satu kelebihan emulator ini dibanding dengan emulator lainnya adalah kecepatan dan bebas lag dan tentu saja gratis . Sama seperti emulator android lainnya, koplayer juga bisa mengalami error. Salah satu error yang paling sering terjadi adalah error code 12. Atau lebih lengkapnya “Error Code-12, Virtual machine start-up failed, Emulator must be restared to complete repair”.

Pada dasarnya error ini dipicu oleh masalah sistem registry windows, masalah driver dan masalah sistem lainnya. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini, Kami akan memberikan tips dan solusi kepada Kamu tentang bagaimana mengatasi error code 12 koplayer ini.

Berikut ini adalah Cara Mengatasi Error Code-12 Koplayer :

1. Restart PC/ Laptop

Jika error ini muncul ketika kamu baru saja akan melakukan proses installasi, maka solusi sederhana yang pertama yang bisa kamu lakukan adalah merestart PC/Laptop Kamu.

Karena dengan merestart dapat memperbaiki sistem yang rusak secara otomatis.

2. Nonaktifkan Driver Signature

Pada Windows driver signature sudah aktif secara default, pada dasarnya fitur driver signature bertujuan untuk menjamin sebuah driver yang  Kamu gunakan adalah driver asli dari produsen PC Kamu.

Namun ternyata driver signature ini dapat memunculkan beberapa masalah, salah satunya adalah Error Code-12 Koplayer ini. Untuk menonaktifkan driver signature Anda bisa baca postingan kami sebelumnya dibawah ini :

3. Instal Versi Koplayer Yang Terbaru

Jika Anda menggunakan versi koplayer yang lebih lama, kemungkinan masalah kompatibelitas bisa jadi penyebab munculnya error code 12 pada koplayer.

Solusi sederhananya adalah Kamu dapat mendownload dan menginstall versi Koplayer versi terbaru.

4. Perbaiki Sistem Registry Windows

Jika semua cara diatas belum berhasil menagatasi masalah error 12 koplayer. Kemungkinan besar ini ada masalah pada sistem registry Anda. Ada dua solusi yang bisa Anda lakukan seperti :

  • Memperbaiki sistem registry dengan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti ccleaner, atau
  • Melakukan reset pada Windows Kamu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here