Cara Mengatasi excel cannot open the file because the file format or file extension is not valid

0

Jika Anda sering berurusan dengan file di Microsoft Excel, seringkali kita dihadapkan pada pesan yang mengatakan bahwa file tersebut tidak dapat dibuka karena format atau ekstensi file tidak valid “excel cannot open the file because the file format or file extension is not valid”. Hal ini tentu saja menyebabkan kita tidak dapat membuka file tersebut.

Pada artikel kali ini, kita akan menjelajahi penyebab umum di balik pesan ini serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk memperbaiki masalah tersebut dengan mudah dan efektif.

Berikut ini adalah Cara Mengatasi excel cannot open the file because the file format or file extension is not valid :

1. Ubah Ekstensi File Excel

Secara default, pada file Excel disimpan dalam format file .xlsx atau .xls. Jadi, apabila Anda membuka file dengan ekstensi yang berbeda dapat menyebabkan munculnya notifikasi error seperti “excel cannot open the file because the file format or file extension is not valid”

Untuk itu, cara memperbaiki error tersebut, Anda dapat mencoba untuk ubah format file default Excel dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik kanan pada file excel yang bermasalah tadi, kemuian pilih Rename
  • Selanjutnya Anda bisa menambahkan Ekstensi .xlsx atau xls dibelakangnya.

2. Perbaiki File Excel Anda

Jika cara pertama diatas error masih saja muncul. Kemungkinan besar file excel yang akan Anda buka rusak atau corrupt. Untuk memperbakinya Anda bisa memanfatkan aplikasi perbaikan online.

Untuk caranya, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Buka Situs : https://products.aspose.app/cells/repair-excel
  • Upload file excel Anda yang bermasalah tadi kemudian klik repair
  • Selanjutnya,proses perbaikan akan dimulai, Anda cukup tunggu proses perbaikan sampai selesai.
  • Jika sudah, download file yang sudah berhasil diperbaiki.

3. Lakukan Perbaikan Dari Aplikasi Microsoft Excel

Pada dasarnya Microsoft office versi 2010 keatas sudah dilengkapi dengan fitur perbaikan sendiri. Untuk caranya adalah :

Metode Buka dan Perbaiki

Buka aplikasi Microsoft excel kemudian buka Fitur “Open and Repair” dengan cara ini memungkinkan Anda memperbaiki file excel yang rusak. Untuk memperbaiki file .xlsx dengan fitur ini.

Buka MS Excel dan Buka menu “File”. Sekarang, pilih tab “Open” dan klik “Browse” Pilih file yang ingin Anda buka, namun alih-alih membuka file secara langsung, pilih opsi “Open and Repair”  dari sisi kanan bawah jendela yang terbuka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini