Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

0

Flashdisk adalah media penyimpnan portable yang lebih sering digunakan dan dimiliki oleh setiap orang dibanding dengan hardisk eksternal. Selain harganya juga tergolong terjangkau kapasitasnyapun semakin hari semakin bertambah besar. Dan karena seringnya digunakan , maka kemungkinan besar resiko kerusakan flashdisk pun semakin besar. Namun Anda tidak perlu khuatir, asalkan Anda menggunakan flashdisk dengan tepat dan tidak mencabut flashdisk ketika sedang proses . Maka kerusakan pada flashdiskpun dapat dihindari.

Lalu bagaimana jika saat ini flashdisk Anda sudah terlanjur rusak ? apakah flashdisk tersebut masih bisa diperbaiki? Jawabanya adalah kemungkinan untuk diperbaiki masih bisa. Tapi itu tergantung juga pada bentuk kerusakanya apakah kerusakan secara hardware, yang biasanya lebih susah untuk diperbaiki atau hanya kerusakan secara beberapa sector penyimpanan saja.

Pada artikel ini kami akan memberikan solusi perbaikan kepada Anda, bagaimana cara memperbaiki Flashdisk yang rusak, berikut adalah tipsnya :

1. Lakukan Format Flashdisk Dengan Mode Regular

Jika flashdisk masih bisa terdeteksi, maka kemungkinan besar flashdisk tersebut masih bisa untuk diperbaiki. Untuk caranya adalah dengan melakukan format pada flashdisk tersebut. Tapi ingat lakukan format secara regular, jangan lakukan format secara cepat (Quick Format) untuk caranya ikuti langkah langkah berikut :

  • Klik kanan pada flashdisk Anda di windows explorer dan Kemudian pilih Format
  • Disana hilangkan centang pada Quick Format , hal ini dimaksudkan sistem windows bisa memperbaiki kesalahan atau masalah yang ada pada flashdisk Anda

Jika berhasil, Anda dapat mengembalikan data Anda menggunakan aplikasi data recovery.

2. Perbaiki Flashdisk yang Rusak Dari Disk Manajemen

Jika flashdisk Anda sama sekali tidak terbaca sama sekali, Anda dapat menggunakan disk manajemen untuk melakukan perbaikan. Caranya, ikuti langkah langkah berikut :

  • Tekan tombol Windows + R kemudian ketikkan perintah :
diskmgmt.msc
  • Tekan tombol Enter
  • Disana cara Flashdisk Anda , dan klik kanan pilih Change Drive Letter and Paths
  • Kemudian pilih Add
  • Selanjutnya pilih Assign the following Drive letter > desired drive letter Klik OK

3. Gunakan PC  / Laptop Lain Untuk Memformat

Jika kedua cara diatas flashdisk Anda belum terdeteksi juga, coba gunakan laptop/PC lain untuk proses format.

4. Perbaikan lebih lanjut

Kami sudah membahas bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi pada artikel sebelumnya pada link dibawah ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here