Jika Anda sedang mengalami tanda-tanda lampu mobil yang berkedip megikuti irama mesin, ini menandakan adanya komponen elektrik yang tidak berjalan normal pada mobil Anda, hal yang paling di curigai adalah AKI Baterai & Dinamo Cas (Alternator).

Tanda-tanda lain yang bisa disebabkan oleh kerusakan pada Alternator pada mobil Anda diantaranya adalah :

  • Lampu Mobil Berkedip Mengikuti Getaran Mesin, baik itu lampu utama, dashboard, lampu kabin dan lampu-lampu lainnya
  • Fan Radiator atau Extra fan berjalan pelan dan tidak stabil
  • Lampu meredup
  • RPM drop ketika di beri beban seperti menyalakan head unit (audio). Bahkan saat Anda menggunakan power window pun akan terasa tidak stabil pada mesin instrumen RPM.
  • Dan tanda-tanda yang berhubungan dengan elektrik lainnya.

Cara Mengatasi Lampu Mobil Berkedip Mengikuti Getaran Mesin :

1. Periksa Kondisi Baterai AKI.

Walaupun Aki baru sekalipun , harus Anda lakukan pengecekan, karena ada kemungkinan kekurangan strom dari Alternator ke baterai (AKI). Voltase Normal pada sebuah baterai (aki) mobil yang baik adalah 12 Volt. Jika ternyata kurang dari 12 Volt lakukan :

  • Jika Anda menggunakan baterai basah, lakukan pengecekan pada air aki
  • Jika Anda menggunakan baterai kering, lakukan charger/ strom ulang pada bengkel-bengkel terdekat.

Catatan : Jika baterai dalam keadaan baik dan tidak ada masalah, lakukan analisa pada bagian alternator.

Cara menganalisa kerusakan pada alternator :

  • Pada mobil dalam keadaan kondisi dingin , lakukan stater. Jika starter awal agak berat dan tersendat itu adalah ciri pertama pada sebuah baterai yang kekurangan daya. Jika Anda memiliki alat ukur voltase lakukan pengukuran pada baterai jika tidak, saya sarankan untuk ke bengkel.
  • Jika mobil sudah dalam keadaan hidup, berikan beban seperti : menghidupkan lampu, Head Unit (Audio)  & AC. Lanjutkan pengukuran Voltase. Jika voltase tidak stabil setelah mobil diberi beban elektrik , bahkan cenderung turun. Sudah hamper dipastikan masalah terjadi pada Alternator mobil Anda.

2. Lakukan Service Alternator

Seiring lamanya usia pemakaian alternator pada sebuah mobil, gejala-gejala diatas jangan Anda abaikan. Lakukan service alternator sesegera mungkin. Sebelum merusak komponen lainnya. Karena jika alternator sudah tidak bisa memberikan strom yang normal pada baterai akan merusak baterai (aki) itu sendiri dan komponen elektrik lainnya.

Untuk service alternator rata-rata akan menghabiskan biaya sekitar Rp 400.000 s/d Rp. 700.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here