Cara Mengatasi Printer error attention required

0

Printer error attention required adalah sebuah error yang menandakan adanya masalah konfigurasi atau masalah teknis pada suatu printer. Masalah Printer error attention required  dapat muncul dalam beberapa notifikasi error yang berbeda-beda seperti, “Printer needs user intervention” dan lainnya. Semua itu tergantung dari merek printer yang Kamu gunakan, walaupun notifikasi error yang muncul dapat berbeda-beda namun cara penanganan dan perbaikan tetap sama.

Berikut Adalah Cara Mengatasi Printer error attention required :

1. Restart Printer dan PC

Antrian pencetakan dokumen dapat memicu terjadinya error ini, oleh sebab itu. Solusi termudah dan pertama kali yang bisa Kamu lakukan adalah dengan merestart Printer dan semua PC/Laptop yang terhubung ke printer tersebut.

2. Restart System Spool

Jika dengan merestart , error masih muncul. Maka kamu perlu melakukan restart spool printer secara manual. Sebenarnya dengan merestart perangkat PC/Laptop dan printer sebenarnya Kamu juga sudah melakukan restart pada sistem spool.

Namun pada kondisi tertentu tidak dapat memberikan solusi efektif, karena itu Kamu perlu melakukan restart sistem spool secara manual dengan cara yang sudah kami bahas pada artikel dibawah ini :

3. Lakukan Konfigurasi Ulang pada Printer

Jika error attention required, terjadi pada printer yang disharing menggunakan jaringan LAN ataupun WIFI. Kemungkinan ada perubahan konfigurasi yang dilakukan oleh admin jaringan Kamu, sehingga secara otomatis, pengaturan printer sebelumnya juga ikut terpengaruh.

Sebaiknya Kamu melakukan konfigurasi ulang seperti : Installasi Ulang Driver Printer dan Sharing Ulang Printer.

4. Nonaktifkan Sistem Firewall

Coba nonaktifkan system firewall dan security dengan cara :

5. Update Windows Kamu

Jangan lupa untuk memastikan kalau kamu sudah melakukan update pada windows. Terlebih lagi jika kamu menggunakan windows 10 dan windows 11. Fungsi Update sangat penting sekali guna mendapatkan perbaikan bug dan tambahan kemanan pada sistem windows.

6. Cek Printer

Apakah printer kamu ada memberikan isyarat seperti : lampu printer berkedip, ada indikator tinta yang hampir habis dan notifikasi lainnya pada layar LCD printer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here