Tidak diragukan lagi, Windows 10 memberikan pengalaman kepada user tentang fitur-fitur baru. Peralihan design yang cukup mewah, tata letak yang warna-warni. Windows 10 juga mempunyai  beberapa fitur yang mungkin belum Anda tahu untuk membuat  bermain game di PC lebih mudah dan mulus daripada sebelumnya. Berikut ini adalah cara bagaimana kita bisa mengoptimalkan Windows 10 untuk bermain game. Anda hanya perlu melakukan sedikit trik optimasi/ tweak tertentu di sistem windows 10 untuk mengoptimalkan kinerja Windows 10 secara aman untuk bermain game, berikut ini adalah trik nya :

1. Uninstall program yang tidak perlu.

Untuk meningkatkan kinerja Windows 10 di PC untuk bermain game, Anda perlu memiliki ruang yang cukup pada hardisk. Karena sebuah program bisa mempengaruhi kinerja dari suatu sistem, karena suatu aplikasi berjalan menggunakan cache, space dan RAM.

Jadi, untuk membebaskan ruang, cara  terbaik adalah mencopot program yang sebenarnya tidak . Untuk menghapus program cukup masuk ke Control Panel > Programs & features >Pilih program yang mau dihapus >  Uninstall .

2. Nonaktifkan Update Otomatis

Secara default, fungsi pembaruan otomatis selalu dalam keadaan aktif. Sebenarnya  Hal ini juga bermanfaat bagi Anda karena Anda akan mendapatkan fitur dan keamanan terbaru.

Tapi di sisi lain sistem update otomatis ini , tidak bagus kalau di aktifkan pada komputer yang digunakan untuk bermain game, karena sudah pasti akan memperlambat kinerja PC saat bermain game . Alasanya cukup jelas update otomatis berjalan di latar belakang dan menggunakan koneksi internet .Sudah terbayangkan ! jika Anda bermain game di barengi dengan proses update ?

3. Nonaktifkan Algoritma Nagle’s di Windows 10 untuk mempercepat saat bermain game Online.

Windows 10 berisi sebuah algoritma Nagle yang berfungsi untuk mentransfer data yang efisien. Algoritma ini menggabungkan beberapa paket kecil menjadi satu paket besar untuk meningkatkan efisiensi transmisi data. Meski bagus untuk transfer data yang efisien, algoritma ini memperlambat koneksi internet dan karenanya Anda akan mengalami latency yang tidak bagus saat bermain game online. Secara default, Algoritma ini dalam keadaan aktif di windows 10, untuk menonaktifkannya ikuti langkah berikut ini :

– Tekan win + R, ketik> Regedit dan tekan> enter.

– Buka

HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Services \ Tcpip \ Parameters \ Interfaces

– Anda akan mendapatkan banyak file di folder Interface. Temukan yang berisi alamat IP anda.

Setelah Anda menemukan file yang dibutuhkan, klik kanan dan buat dua DWORD baru. Buat sebuah file dengan nama  TcpAckFrequency dan TcpNoDelay . Setelah membuat keduanya cukup klik dua kali dan set parameternya menjadi 1. Seperti gambar dibawah ini :

4. Sesuaikan PC dengan performa terbaik

Untuk melakukan hal tersebut ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Klik kanan pada Mycomputer > Advanced System Settings > klik tab Advanced > Performance > Adjust best performance.

5. Aktifkan System Gaming Responsiveness di Windows 10

Anda juga bisa mengaktifkan tweak ini untuk mendongkrak kinerja game di Window 10. Salah satunya Anda bisa mengaktifkan System Gaming Responsiveness windows 10 dengan cara mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama, tekan win + R > ketik Regedit lalu >tekan enter.
  • Sekarang pergi ke path folder berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ WindowsNT \ CurrentVersion \ Multimedia \ SystemProfile.

Di sana, Anda perlu membuat DWORD baru, beri nama sebagai SystemResponsiveness dan kemudian tetapkan nilai heksadesimalnya menjadi  00000000.

Buka HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ Windows NT \ CurrentVersion \ Multimedia \ SystemProfile \ Tasks \ Games.

Sekarang, Ubah nilai prioritas GPU menjadi 8, Prioritas ke 6, Untuk Kategori ke performa tertinggi.

6. Sesuaikan Opsi Daya

Pilihan power juga membantu Anda untuk mendapatkan performa PC di Windows 10 Cukup masuk ke control panel > System & security > power options >High Performance.

7. Sesuaikan pengaturan didalam Game

Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan permainan di sistem Anda untuk meningkatkan kinerjanya. Setiap game dilengkapi dengan pengaturannya sendiri dan pabrikan memastikan bahwa pengaturannya disesuaikan dengan kinerja tertinggi sehingga kartu Grafis / VGA Card Anda juga berada pada kondisi maksimal. Tapi beberapa permainan mungkin hadir dengan pengaturan terendah yang secara otomatis akan membatasi penggunaan kartu Grafis VGA Card. Jadi, Anda bisa mengubah settingan  game untuk performa maksimal.

8. Update driver Komputer Anda

Berikut adalah daftar driver yang perlu Anda prioritaskan untuk di Update :

  • Driver kartu grafis /VGA
  • Driver Chipset Motherboard
  • Driver LAN
  • Driver USB motherboard
  • Driver audio motherboard

9. Instal DirectX 12

Dengan bantuan DirectX 12, Ini memungkinkan penggunaan multitask pada GPU Anda dan karenanya akan menghemat waktu proses rendering game, mengurangi latency, dan mendapatkan lebih banyak frame rate. Buffer multi-threading  dan shader asinkron adalah dua fitur evolusioner yang ada pada DirectX 12. Anda bisa download DirectX 12 disini .

10. Lepaskan Bloatware

Windows  10 hadir dengan beberapa aplikasi pra-instal dan aplikasi ini disebut bloatware karena program pra-instal ini tidak berguna bagi pengguna. Mereka hanya memakan ruang hard disk dan berkontribusi pada penurunan kinerja PC Anda. Jadi, jika Anda menghapus bloatware ini, Anda akan dapat meningkatkan kinerja Windows 10 Anda sampai batas tertentu.

Anda bisa menghapus bloatware dengan menggunakan beberapa software pihak ketiga seperti Uninstaller Pro .  

11. TCP Optimizer 4

TCP Optimizer ini sangat membantu untuk Anda pecinta game online. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda men-tweak adaptor Rig & Network Anda tanpa melalui editor Registry.

Anda hanya perlu mendownload TCP Optimizer 4, klik kanan padanya dan jalankan sebagai administrator. Sekarang Anda dapat mengatur kecepatan jaringan dan pilihan lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

12. Menonaktifkan Network Throttling Algorithm di Windows 10

Untuk mendapatkan efisiensi maksimumdi  Windows 10 Anda untuk bermain game, Anda perlu menonaktifkan Network Throttling Algorithm. Network Throttling index ini adalah mekanisme untuk memproses jaringan untuk suatu tugas yang di-intensif dari suatu sumber daya. Untuk menonaktifkannya cukup ikuti langkah-langkah ini.

Buka run > ketik > Regedit lalu tekan >enter.

HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ Windows NT \ CurrentVersion \ Multimedia \ SystemProfile.

Dalam Profil Sistem, Anda perlu membuat DWORD baru, beri nama NetworkThrottlingIndex dan tetapkan nilai heksadesimalnya menjadi ffffffff .

13. Nonaktifkan Onedrive

Jika Anda tidak menggunakan Onedrive maka cukup nonaktifkan saja. Karena aplikasi ini menggunakan banyak bandwidth .

14. Periksa dan perbaiki kesalahan pada Hardisk

Untuk Windows 10 untuk gaming, Anda harus selalu memeriksa Hardsik . Caranya Cukup ketik saja Chkdsk di Command Promt (CMD)  dan tekan enter.

15. Instal Aplikasi Game booster

Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak Game booster untuk meningkatkan kinerja keseluruhan di Windows 10. Beberapa Aplikasi yang saya rekomendasikan adalah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here