Cara Meruba Format System Flashdisk /Harddisk Eksternal Anda dari FAT32 ke NTFS tanpa kehilangan data

Anda memiliki flash disk atau mungkin hardisk eksternal yang saat ini memiliki sistem file FAT32 dan Anda ingin mengubahnya ke NTFS, karena FAT32 tidak mendukung penanganan file besar (yaitu lebih dari 4GB), Artikel ini saya tulis untuk Anda yang ingin mengubah format system flashdisk /harddisk eksternal Anda dari FAT32 ke NTFS tanpa kehilangan data.

Sistem file NTFS digunakan karena stabilitasnya, keamanan dan defragmentasi yang lebih cepat, sebagian besar dari kita menggunakan File System FAT32 karena format itu adalah standar dari flashdisk atau harddisk eksternal yang kita beli. Selain alansan itu, kebanyakan dari kita tidak mengubahnya ke format NTFS karena risiko kehilangan data yang ada di dalam flashdisk atau harddisk eksternal.

Berikut ini adalah beda format Fat32 dan NTFS

bedafat32-ntfs

Penting: Meskipun metode ini bekerja sempurna, saya masih tetap akan menyarankan Anda untuk mem-backup data Anda secara rutin.

Lengkah-langkah memformat File System FAT32 ke NTFS tanpa kehilangan data :
1) Klik Start.
2) Ketik cmd pada kotak pencarian jika Anda menggunakan Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 atau Windows 10.

3) Jalankan chkdsk h:/f (tanpa tanda kutip) di mana H adalah huruf dari drive yang akan kita konversi. Perintah ini berfungsi untuk  memeriksa flashdisk / hardisk ekstenal masalah yang ada dan memperbaikinya secara otomatis.
4) Jalankan perintah “Convert H:/FS: NTFS” (tanpa tanda kutip) .

5) kemudian command prompt akan memulai proses konversi dan setelah beberapa menit, CMD akan mengatakan bahwa konversi berhasil.
6) Setelah itu anda dapat memeriksa file system flashdisk/ hardisk anda  melalui klik kanan pada flashdisk/hardisk anda lalu klik <Properties.

Anda juga bisa melihat video dibawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *