Trik Untuk Mempercepat USB Flashdisk

0

Flashdisk atau USB Drive yang cukup populer di dunia digital untuk mentransfer/copy data yang instan. Menggunakan USB flash drive, orang dapat dengan mudah mentransfer file besar dari satu PC ke PC yang lain, dari PC ke laptop, dari laptop ke TV, dan sebaliknya. Teknologi terbaru ini telah membuat pekerjaan kita lebih mudah dari sebelumnya. Lalu bagaimana data yang kita copy berukuran besar bahkan dalam hitungan Gigabytes (GB) atau lebih besar?  pasti akan memakan waktu yang cukup lama untuk proses pengcopyannya. Nah, artikel ini akan memberi Anda beberapa trik Trik Untuk Mempercepat Copy Data Ke Flashdisk atau sebaliknya.

Faktor yang bertanggung jawab untuk kecepatan transfer data:

Sebelum mengetahui trik, kita harus melihat beberapa faktor yang bertanggung jawab untuk tingkat kecepatan proses transfer data, dan diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Flashdisk yang sudah Tua: Nah, ini adalah suatu hal yang umum untuk setiap perangkat penyimpanan. Ketika sudah lama masa pemakaiannya, tingkat kecepatannya akan lebih lambat.

2.Type file: Kecepatan transfer data juga tergantung pada jenis file; Anda mungkin telah memperhatikan bahwa lagu, video dan dokumen memakan waktu yang lebih singkat dalam proses transfer/copy data. dibandingkan dengan file aplikasi yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk proses tranfer data.

3.Versi USB: Versi yang paling populer adalah Versi USB 2.0, dan itu akan memberi Anda kecepatan 35Mbps. Jadi, jika Anda ingin kecepatan yang lebih, pastikan Versi USB Minimal 2.0 Atau lebih. (Sekarang Sudah Dirilis Versi USB 3.1yang tingkat kecepatannya samapai dengan 7.2 Gbit/s )

Trik Untuk Mempercepat Copy Data Ke Flashdisk

1. Gunakan Sistem File NTFS : Jika Anda ingin mempercepat flashdisk, maka pastikan Anda memiliki NTFS sebagai file systemnya. Anda dapat mengubahnya dengan mengklik kanan pada flashdisk Anda dan memilih Properties-  Format, Pilih NTFS File system, Hapus tanda centang Quick Format Dan Klik Start.

2. Periksa Kesalahan Pada Flashdisk: Untuk memeriksa kesalahan disk pergi ke tab properti dari flashdisk Anda, kemudian pilih tab ‘Tools’. lalu klik tombol  ‘check’ , klik dan kemudian tekan ‘start’ untuk memperbaiki kesalahan. Waktu yang dibutuhkan untuk pemindaian tergantung pada ukuran Flashdisk anda.

3.Device policy: pilih tab ‘hardware’ . Kemudian pilih perangkat USB dari sana yang akan membawa Anda ke sebuah jendela pop up di mana Anda perlu mengubah pengaturan. Anda bahkan dapat memiliki kinerja yang lebih baik dari pen drive dengan mengklik pilihan di bawah  tab‘hardware’.

4.Format: Ini adalah salah satu pilihan yang efektif yang banyak pengguna telah mencoba. Bila Anda telah menggunakan flashdisk Anda untuk waktu yang cukup lama, Anda dapat mempercepatnya dengan memformat perangkat USB anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here