ESD adalah Singkatan dari Electrostatic discharge  (Pelepasan muatan listrik statis) ini adalah salah satu dari beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk merusak atau merusak komputer atau bagian-bagian di komputer Anda.

Seperti efek kejutan, ESD dapat terjadi saat bekerja di komputer dan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen.Electrostatic discharge dapat terjadi tanpa Anda sadari dan hanya terjadi di bagian dalam komputer atau ketika menangani kartu ekspansi atau perangkat keras lainnya.

Mencegah Terjadinya  ESD

Metode terbaik untuk mencegah ESD adalah dengan menggunakan  wrist strap ESD.

Karena sebagian besar orang tidak memiliki item seperti itu, kami telah menyertakan langkah-langkah di bawah ini untuk membantu mengurangi terjadinya  ESD .

Kurangi potensial : Yang harus Anda ingat adalah, pastikan Anda dan komputer berada pada potensial nol dengan terus menyentuh permukaan logam yang tidak dicat pada casing atau catu daya komputer

Berdiri saat bekerja Memperbaiki Komputer :  Jika Anda duduk di kursi atau lantai, itu dapat menghasilkan lebih banyak peluang  ESD elektrostatik.

Kabel : Putuskan sambungan semuanya dari bagian belakang komputer (mis., Kabel daya, monitor, dan kabel USB)

Pakaian : Pastikan untuk tidak mengenakan pakaian apa pun yang mengisi daya listrik, seperti sweater wol.

Cuaca : Hindari melakukan perbaikan computer saat Badai,  listrik dapat meningkatkan risiko ESD; jika bisa menunggu, cobalah untuk tidak bekerja di komputer saat badai .

Asesoris : Untuk membantu mengurangi ESD dan membantu mencegah masalah lain, sebaiknya lepaskan semua perhiasan.

Permukaan  : Usahakan berdiri di atas permukaan yang keras, dan komputer atau perangkat sensitif elektrostatik lainnya harus berada di atas meja.

Sepatu atau Alas kaki : Gunakan alas kaki berbahan karet.

Jika Anda berencana mengerjakan bagian dalam komputer lebih dari satu kali, kami sangat menyarankan untuk membeli dan menggunakan gelang anti-statis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here