Salah satu kesalahan klasik dan paling umum yang dihadapi oleh pengguna Android adalah “ error parse, error there is a problem parsing the package “di Android. Kesalahan ini muncul saat Anda mencoba memasang aplikasi APK di ponsel Android Anda.

Penyebab kesalahan Parse di Android?

Sebelum kita lanjutkan cara memperbaiki error Parse, mari kita lihat hal apa saja yang bisa menyebabkan error Parse di ponsel Android.

  • error parse dapat terjadi jika Anda telah membuat perubahan pada file manifes aplikasi seperti mengubah versi Android.
  • file .apk yang rusak atau mungkin karena file APK yang diunduh sebagian.
  • Masalah perizinnan pada ponsel Android
  • Versi OS smartphone Android atau perangkat keras Anda tidak kompatibel dengan aplikasi.
  • Dan masalah lainnya

Cara memperbaiki error parse, error there is a problem parsing the package di ponsel Android :

Cara 1: Periksa nama File APK yang akan di install

Jika Anda akan menginstall file APK di ponsel Android, pastikan anda tidak merubah nama filenya.

Misalkan jika mendownload sebuah aplikasi APK bernama “ Aplikasi_Contoh “ pastikan nama File APK “Aplikasi_Contoh”  itulah yang Anda install di Android.

Cara 2: Izinkan Instalasi Apps dari Sumber Tak Dikenal

Demi keamanan, smartphone Android tidak mengizinkan Anda memasang aplikasi dari sumber atau sumber pihak ketiga selain dari Google Play Store. Memasang aplikasi pihak ketiga dari sumber yang tidak diketahui dapat membahayakan ponsel Android Anda.

Jadi, jika Anda mencoba menginstal file .apk maka Anda mungkin menghadapi “kesalahan parse – error there is a problem parsing the package “. Untuk memperbaikinya, yang dapat Anda lakukan di sini adalah merubah izin pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Anda dapat menemukan pengaturan yang sama di bawah Pengaturan keamanan telepon Anda.

Caranya : pergi ke menu Pengaturan > Security > centang pada “Unknown Sources “

Cara 3: Enable USB Debugging

Mengaktifkan USB debugging caranya :

Masuk ke Settings, lalu ketuk About about dan tekan tujuh kali berturut-turut pada nomor Build . Kembali ke menu Settings utama, dan Anda sekarang akan melihat opsi untuk opsi Pengembang di atas About phone . Di sini aktifkan USB debugging .

Cara 4: Nonaktifkan Antivirus

Kesalahan parse juga bisa terjadi jika Anda menginstall aplikasi anti virus. Sebagian besar Antivirus mencoba memblokir instalasi aplikasi yang mungkin terlihat tidak dipercaya atau mencurigakan. Jadi, jika Anda mencoba memasang sebuah aplikasi .apk, kemungkinan aplikasi Antivirus Anda mungkin memblokir file .apk dan menghalangi proses installasi APK.

Jadi, coba nonaktifkan Antivirus sementara dan coba install lagi file .apk.

Cara 5: File APK Korup

file .apk yang korup. Jika ukuran file APK yang sudah di download  tidak sesuai dengan file aslinya, itu pertanda Anda mengalami masalah saat proses download, cobalah download file APK tersebut kembali atau bisa didownload dengan source yang berbeda.

Cara 6: Aplikasi Tidak Support dengan versi Android Anda

Beberapa aplikasi Android tidak mendukung versi OS Android. Pastikan file APK yang Anda download sudah sesuai dengan versi Android Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here