Cara Memperbaiki Error “The disk structure is corrupted and unreadable” Pada Windows 7/8/10

26

Error “The disk structure is corrupted and unreadable” adalah sebuah pesan kesalahan yang sering dialami oleh pengguna Windows saat mencoba mengakses partisi harddisk baik itu internal maupun eksternal,  penyebab masalah ini adalah rusaknya struktur hardisk atau tidak dapat dibaca oleh windows, sehingga mengakibatkan sistem operasi windows gagal untuk mengakse hardisk tersebut.Atau pada beberapa kasus Anda mungkin juga melihat pesan kesalahan yang mengatakan (Location is not available ) disk eksternal tidak ditemukan/ tidak terbaca, namun pada intinya ini merupakan kesalahan yang hampir sama.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk memperbaiki Error “The disk structure is corrupted and unreadable” pada flashdisk/hardisk ekstenal maupun internal :

Cara Pertama

Cobalah lepaskan flashdisk / hardisk Anda dari port USB kemudian pasang kembali.

Dalam beberapa kasus, Error “The disk structure is corrupted and unreadable”  ini terjadi saat Anda menghubungkan perangkat eksternal (flashdisk/hardisk) tidak terhubung secara sempurna pada port USB , cobalah periksa kembali atau Anda bisa mengganti pada port USB  lain yang tersedia pada komputer/laptop Anda,

Cara Kedua

Instal Ulang USB/ Disk Drive:

Sering kali menguninstall dan menginstal ulang perangkat penyimpanan eksternal memperbaiki struktur disk yang rusak atau  tidak terbaca di komputer. Jadi, saya sarankan Anda mengikuti metode dibawah  ini, untuk mengunistall dan menginstal ulang USB flashisk/ disk drive:

  • Buka RUN. Atau bisa juga menggunakan kombinasi keyboard Win + R .
  • Kemudian, Ketikkan  devmgmt.msc dan klik OK atau tekan Enter. Kemudian akan tambil  Windows Device Manager.
  • Kemudian, pilih USB flashdisk/ Disk Drive klik kanan kemudian pilih unistall

Kemudian lanjutkan menginstall kembali USB/ Disk Drive dengan cara dibawah ini :

Untuk menginstal ulang disk drive, ikuti langkah-langkah ini:

  • Di device manager, klik Action
  • Lalu, pilih Scan for hardware changes .
  • Tunggu sampai komputer Anda mendeteksi dan menginstal disk drive secara otomatis.

Jika Error “The disk structure is corrupted and unreadable”   masih muncul lakukan cara ketiga dibawah ini :

Cara Ketiga

Jalankan Perintah CHKDSK untuk memperbaiki Error “The disk structure is corrupted and unreadable”  :

Windows memiliki sebuah tools bawaan yang dapat memperbaiki kesalahan umum yang terjadi USB flashdisk/ Hardisk / Kartu Memori dan media penyimpanan lainnya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menajalankan perintah CHKDSK :

  • Jalankan CMD (command prompt). Dengan cara klik menu start dan ketik cmd untuk mencari command prompt. Atau bisa menggunakan kombinasi keyboard WIN + R kemudian ketikkan CMD lalu tekan enter.
  • Pada command prompt ketikkan perintah :
chkdsk f:/r
  • lalu tekan enter

Catatan: Jangan lupa ganti huruf f dengan huruf yang tertera pada USB flashdisk/ Hardisk Anda. Misalnya, huruf drive penyimpanan eksternal Anda adalah H. Jadi, Perintahnya harus seperti chkdsk h: / r .

Tunggu proses perbaikan sampai selesai. Jika sudah Flashdisk/ Hardisk Anda akan kembali normal.

Jika cara diatas tidak bisa mengatasi masalah Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah atau bisa baca artikel saya sebelumnya disini

26 KOMENTAR

  1. Brader, harddisk ane mengalami hal seperti diatas, “The disk structure is corrupted and unreadable”.
    Setelah mencoba cara pertama dan kedua gagal, saya coba cara ketiga, setelah prosesnya 100% keluar bacaan
    correcting errors in the Master File Table (MFT) mirror.
    correcting errors in the Master File Table’s (MFT) DATA attribute.
    correcting errors in the Master File Table’s (MFT) BITMAP attribute.
    correcting errors in the Volume Bitmap.

    terus data di harddisk kosong.

    bisa mohon bantuannya?

    • Itu hardisk nya udah rusak gan, untuk mengembalikan data yang kosong, agan bisa pakai software ZAR Recovery, Bisa download disini , Rekomendasi saya setelah datanya sudah selesai dikembalikan, segera pindahkan data tersebut dan lakukan penggantian hardisk.

  2. Gan semua cara gagal,, pake cara ketiga muncul bacaan ini di CMDnya
    “Access Denied as you do not have sufficient privileges. You have to Invoker this utility running in elevated mode” maksudnya apa ya saya ga ngerti.. dibantu ya gan :):):)

    • Restart komputer nya dulu gan, setelah itu buka CMD dengan menggunkan Administrator. ketikkan lagi perintahnya.

  3. Terima kasih gan, sya mngunakan cara yg ke 3 work, hdd eksternal sya kmbali normal, sneng bngt sya hahaha, tdinya pnik bngt, skali lgi trima kasih sangat brmnfaat

  4. sudah coba sampai cara ketiga tetap tidak bisa “windows cannot run disk checking on this volume because it is write protected” bagaimanakah solusinya? terimakasih

    • Pakai cara ketiga gan, tapi CMD nya gunakan dengan mode Administrator. Caranya : ketik cmd pada pencarian di windows klik kanan pada cmd > Run as Administrator.

  5. sekarang saya mencoba cara ketiga……………berapa lama biasanya prosesnya ini selesai
    ???karena saya sudah hampir 1 jam,,,namun masih terus jalan proses

    • Tergantung kecepatan/type usb/kapasitas disk yang akan di perbaiki. makin besar dan banyak file , maka akan makin lama prosesnya. Dan tergantung kerusakan disk juga.

  6. bro hdd eksternal gua juga gitu tuh, device.y udah gw uninstall tp masih gagal trus gw coba di cmd tp yg muncul cuma “Unable to determine volume version and state. CHKDSK aborted.” gimna tuh??

  7. Gan, saya pake cara ke-3, udah selesai dan bisa muncul namanya (Seagate Backup Plus\Drive). Sekarang kalo mau dibuka, muncul tulisan “E:\ is not accessible. Access is denied.” Symbol filenya juga jadi selembar kertas (biasa gambar kotak spt HDD), terus ada tulisan NTFS. Gimana ya?

  8. Selamat Pagi,
    Alhamdulillah saya pakai cara ke 3, kurang lebih 3.5jam recovery Thosiba 1T berjalan dengan lancar. Setelah selesai data langsung saya pindah agar aman.
    Terima kasih banyak om Jefri Fauzul atas informasinya, indahnya berbagi ilmu pengetahuan.
    Salam sehat selalu untuk om dan keluarga.
    Selalu diberikan perlindungan dan keberkahan.
    Aamiin Yarrabbal’allamin.
    ^_^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here