Kebocoran pada mesin cuci adalah sesuatu yang umum terjadi. Dan beberapa kebocoran tersebut hanya perlu membutuhkan sedikit perbaikan. Apapun alasan atau merek mesin cuci Anda, setiap kebocoran perlu diselidiki dan diperbaiki sebelum kebocoran tersebut menjadi parah. Meskipun beberapa kebocoran pada mesin cuci memiliki penyebab universal, tips berikut ini akan membantu Anda mengidentifikasi masalah kebocoran yang terjadi pada mesin cuci. Setelah mengetahui sumber kebocorannya, Anda mungkin bisa melakukan perbaikan sendiri.

Berikut ini adalah cara memperbaiki mesin cuci yang bocor :

1. Periksa Selang

Jika mesin cuci bocor, hal yang pertama yang Anda periksa adalah selang. Ada beberapa jenis selang yang terdapat pada mesin cuci dan yang paling umum adalah selang pembuangan dan selang pengisi.

Cara memeriksa selang pada mesin cuci Anda:

Mulailah dengan memeriksa sambungan di bagian belakang mesin cuci untuk memastikannya selang terpasang erat, lalu pastikan kembali bahwa kebocoran tidak disebabkan oleh selang yang longgar.

Jika tidak ada tanda-tanda kebocoran saat Anda memeriksa selang , selanjutnya adalah melepaskan mesin cuci Anda dari sumber listrik dan periksa semua selang yang ada apakah ada tanda-tanda retak, lecet, atau kerusakan lainnya.
Jika Anda menemukan selang yang rusak, Anda harus melakukan penggantian pada selang tersebut.

2. Periksa Kebocoran pada Bagian Pompa Pembuangan

Pompa pembuangan pada mesin cuci berfungsi untuk mengalirkan air dari bak atau tabung penampungan mesin cuci. Pompa dapat berupa penggerak sabuk, penggerak langsung, atau pompa listrik terpisah (tergantung jenis dan merek mesin cuci Anda).

Cara memeriksa kebocoran pada pompa pembuangan mesin cuci:

Putuskan sambungan listrik dari mesin cuci. Kemudian lepaskan panel depan atau kabinet peralatan Anda dan temukan lokasi pompa Anda. Pompa akan memiliki saluran keluar atau selang pembuangan, saluran masuk dari bak/tabung dan mungkin juga memiliki saluran keluar selang yang bersirkulasi.

Jika Anda memiliki air yang bocor dari mesin cuci selama siklus pencucian atau pembuangan, periksa area pompa pembuangan. Perhatikan tanda-tanda penjepit selang yang kendor atau selang bocor yang terhubung ke pompa terlebih dahulu.
Jika kebocoran berasal dari pompa, Anda memerlukan melakukan penggantian pompa tersebut dan saya sarankan untuk menghubungi teknisi untuk melakukan ini.

3. Periksa paking penutup Tabung Mesin Cuci

Paking penutup berfungsi untuk menyegel atau menahan air antara tabung luar dan penutup tabung. Jika Anda mengalami kebocoran pada mesin cuci selama proses pencucian atau pemerasan, maka gasket penutup tabung mungkin jadi penyebab masalahnya.

Cara memeriksa paking penutup Tabung Mesin Cuci :

Putuskan sambungan listrik dari mesin cuci. Kemudian periksa paking penutup tabung mesin cuci (pada beberapa mesin cuci Anda perlu untuk melepas penutupnya terlebih dahulu).

Periksa paking apakah ada tanda-tanda keausan atau kerusakan seperti retak, cobel, dsb, Anda juga harus mencari tanda-tanda kebocoran air atau noda air sabun di area ini untuk membantu mendiagnosis masalahnya. Jika paking ini aus, rusak, atau Anda menemukan tanda-tanda bocor di area tersebut, Lakukan Penggantian.

4. Periksa Water Inlet Valve (Katup Saluran Masuk Air)

Inlet Valve atau Katup saluran masuk air pada mesin cuci berfungsi untuk mengontrol masuknya air ke mesin cuci Anda.

Cara memeriksa Water Inlet Valve (Katup Saluran Masuk Air) pada mesin cuci adalah :

Untuk memeriksa ini , agak sedikit rebet, karena Anda perlu melepaskan panel belakang mesin cuci Anda. Kemungkinan besar akan ditempatkan tepat di belakang sambungan selang.
Matikan mesin cuci dari sambungan listrik .

Setelah melepaskan katup dari mesin cuci, periksa sekat di dalam katup apakah ada penumpukan atau kotoran, bersihkan apa pun yang Anda temukan. Berhati-hatilah saat melakukannya karena sekat tidak dapat diganti dan jika rusak, Anda harus mengganti seluruh katup. Anda juga harus memeriksa katup apakah ada tanda-tanda retak, aus, atau rusak.
Bacaan yang harus Anda terima bervariasi dari model ke model, lihat buku manual mesin cuci Anda. Jika Anda kurang mengerti sebaiknya dilakukan oleh teknisi mesin cuci guna menghindari kesalahan yang tidak sengaja.

5. Periksa Sakelar Level Air atau Sakelar Tekanan

Jika kebocoran mesin cuci terjadi selama pengisian air, ada kemungkinan pengisiannya berlebihan. Sakelar ketinggian air adalah sakelar pengaktifan tekanan yang digunakan untuk menentukan ketinggian air yang benar di dalam tabung. Saat air mengisi tabung, ia akan memampatkan udara di dalam tabung dan mendorong diafragma di dalam sakelar. Sakelar akan mengontrol katup saluran masuk air dan mematikan katup pada ketinggian air yang benar.

Cara memeriksa sakelar ketinggian air di mesin cuci :

Sebelum memulai, pastikan Anda telah memutuskan listrik di mesin cuci Anda.
Cari dan lepaskan sakelar ketinggian air Anda. Ini biasanya ditemukan di belakang panel kontrol dan akan memiliki selang atau tabung kubah udara yang menghubungkannya ke tabung. Pada mesin cuci yang menggunakan kontrol elektronik, sakelar ini mungkin terletak di area bawah tabung.
Untuk menentukan apakah sakelar rusak, Anda harus terlebih dahulu melepaskan selang udara. Perhatikan tanda-tanda retakan atau area aus pada selang. Lepaskan selang dan rendam dalam air. Tutup salah satu ujungnya dan embuskan udara ke ujung lainnya dan cari gelembungnya. Anda juga harus memeriksa adanya penghalang di selang.

6. Periksa Penahan Tutup Mesin Cuci

Periksa bagian penutup mesin cuci Anda, biasanya ada bagian penahan penutup mesin cuci, jika ini rusak atau retak ada kemungkinan air akan keluar dari sini.

Berita sebelumyaPerbedaan Smart TV dan Android TV
Berita berikutnyaCara Memperbaiki Layar Ponsel Android Tidak Merespon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here