Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar

0

Ketika Anda mengalami mesin cuci yang tidak berputar, Anda dapat terlebih dahulu mencoba perbaikan sederhana, sebelum berinisiatif memanggil tukang service langganan Anda. Ada beberapa masalah umum yang dapat Anda periksa untuk mendiagnosis mesin cuci yang tidak berputar. Kami telah membuat panduan langkah demi langkah tentang cara mencari tahu apa yang salah dan cara memperbaiki mesin cuci yang tidak berputar.

Berikut Ini Adalah Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar

1. Periksa Arus Listrik pada Mesin Cuci Anda

Ini mungkin solusi yang tampak terlalu sederhana tapi sangat penting untuk dipertimbangkan, tetapi ini lebih umum daripada yang Anda pikirkan. Mesin cuci sering bergetar dan bergerak selama siklus putaran, sehingga kabelnya bisa lepas. Pastikan mesin dicolokkan dengan erat ke sumber listrik.

Dan periksa juga kabel listrik pada mesin cuci Anda, apakah ada kerusakan seperti di gigit tikus atau colokan yang rusak.

2. Periksa Tutup Switch atau Fuse

Bagi Anda yang memiliki mesin cuci dengan penutup yang berada di bagian atas biasanya pabrikan menggunakan sakelar tutup sebagai fitur keselamatan.Jadi pastikan penutup mesin cuci sudah tertutup dengan rapat.

Mesin Anda mungkin memiliki sekring khusus yang terletak di dalam panel kontrol. Cabut mesin cuci, lalu lepas beberapa sekrup di dasbor untuk mengakses panel. Sekring yang putus akan berwarna hitam dan harus diganti.

3. Periksa tombol Sakelar dan Timer

Keausan pada tombol sakelar dan timer sangat normal terjadi, dan dapat menyebabkan saklar start pada pengatur waktu  mengalami keausan pada poros. Lepaskan sumber listrik pada mesin cuci Anda untuk memeriksa bagian belakang timer secara visual. Kenop harus menahan poros saat didorong masuk dan keluar, dan pastikan ini tidak dool.

4. Mesin Cuci Terlalu panas

Jika Anda sudah banyak melakukan pencucian menggunakan mesin cuci, ada kemungkinan mesin cuci Anda terlalu panas, dan menyebabkan mesin tidak berputar.

Cobalah dinginkan mesin cuci Anda untuk beberapa jam kedepan, dan kemudian coba kembali.

5. Hubungi Teknisi Langganan Anda

Jika semua cara diatas belum berhasil, kami menyarankan untuk memanggil teknisi mesin cuci untuk melakukan perbaikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini