Cara Mengatasi Error Java virtual machine start failed

0

Notifikasi error java virtual machine start failed adalah sebuah error yang berarti bahwa instalasi Java di komputer Anda tidak dapat membuka mesin virtual, yang berfungsi untuk membuka aplikasi java. Biasanya error ini muncul ketika kita mencoba untuk membuka aplikasi, game dan beberapa program lainya yang dibangun berbasiskan java.

Akibat dari munculnya notifikasi error ini menyebabkan program Java tidak dapat berjalan di PC/Laptop Anda. Guna membantu Anda untuk mengatasi masalah ini, berikut adalah beberapa solusi perbaikan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah java virtual machine start failed.

1. Jalankan Java Menggunakan Adminstrator

Hal pertama yang bisa Anda lakuakan adalah mengubah pengaturan java menjadi administrator, caranya ikuti Langkah-langkah berikut :

  • Tekan tombol Windows + S kemudian ketikan kata kunci “JAVA”
  • Kemudian klik Kanan pada aplikasi Java dan pilih Open File Location
  • Selanjutnya cari dan klik kanan pada Java.exe dan pilih Properties kemudian klik pada tab Compatibility
  • Centang pada Run this program as an administrator klik Apply dan OK kemudian coba jalankan java kembali, apakah error masih terjadi ?

2. Tambah Kapasitas Virtual Memori Anda

Virtual memori yang kecil, juga sangat memungkinkan masalah error ini terjadi. Oleh sebab itu Anda bisa menambah kapasitas virtual memori untuk Java, dengan Langkah Langkah berikut ini :

  • Tekan tombol Windows + R kemudian ketikkan sysdm.cpl kemudian klik Ok
  • Klik tab Advanced > Environment Variables
  • Salanjutnya klik tombol New  dan buat :

Variable name  menjadi _JAVA_OPTIONS

Variable value menjadi –Xmx512M

  • Klik Ok dan restart PC/Laptop Anda, setelah restart coba jalankan kembali java.

3. Hapus Dan Instal Ulang Aplikasi Java

Jika semua cara diatas belum berhasil, kemungkinan besar ada masalah konflik system yang terjadi di PC atau Laptop Anda. Tidak hanya konflik system , bug pada system pun bisa menjadi pemicu terjadinya masalah ini.

Solusi terbaiknya adalah dengan menghapus dan menginstal ulang aplikasi java di PC/Laptop Anda. Disini Kami menyarankan untuk menggunakan versi Java terbaru, dan Anda bisa download di website resmi java.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini