Masalah paling umum yang sering terjadi pada remote TV adalah tidak merespon saat digunakan dan salah satu tombol tidak berfungsi. Anda tidak perlu banyak pengalaman dalam perbaikan elektronik untuk memperbaiki remote TV, karena prinsip kerja remote cukup sederhana.

Berikut ini adalah cara memperbaiki sendiri remote TV yang tidak merespon :

1. Pastikan Baterai Tidak Habis, Jika Habis Segera Lakukan Penggantian Baterai Remote

Langkah pertama ini adalah hal yang sederhana, yaitu memastikan baterai remote masih ada, Jika habis lakukan pergantian baterai dengan baterai baru.

2. Lakukan Uji Coba Sensor Remote TV Anda Menggunakan Kamera HP

Anda dapat menguji Sensor remote dengan menggunakan kamera Ponsel Anda, dengan menekan tombol remote ke arah kamera ponsel. Jika Anda melihat lampu di kamera ponsel Anda di bagian sensor infrared remote TV, maka sensor remote sudah dipastikan tidak ada kerusakan.

image from : sony.com

3. Bersihkan Bagian Tembaga Baterai Remote TV

Pastikan bagian tembaga di baterai remote tidak di tutupi oleh karat atau benda lainnya, karena jika terdapat karat atau kotoran lain dapat menyebabkan remote tidak membaca baterai dengan sempurna.

4. Bersihkan Remote Secara Menyeluruh

Jika ketiga cara diatas belum berhasil, buka remote TV anda dengan hati-hati menggunakan obeng. Dan bersihkan semua bagian dalam remote. Apalagi jika remote TV anda sudah berumur cukup lama, pada bagian tombol sangat dimungkinkan kotoran atau sisa makanan , debu dan lainnya masuk. Anda dapat membersihkannya dengan air & sikat gigi.

Setelah selesai melakukan pembersihan, jangan lupa untuk mengeringkannya terlebih dahulu.

5. Coba Gunakan Remote TV Multifungsi

Anda dapat menggunakan remote TV multifungsi yang dapat Anda beli di toko toko elektronik, harga remote ini di pasarkan dengan harga sekitar 20 ribu s/d 80 ribu.

Berita sebelumyaCara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Masih Menyala
Berita berikutnyaPanduan Menginstall Windows 10 arm64 image di Raspberry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here