Apakah Anda pernah mengalami masalah kulkas yang tidak dingin ? Jika pernah, jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan kalau kulkas Anda tersebut sudah rusak. Tips dibawah ini dapat membantu Anda mendiagnosis potensi masalah kenapa kulkas tidak dingin.

Berikut ini adalah cara memperbaiki sendiri kulkas yang tidak dingin :

1. Periksa Colokan Listrik Kulkas Anda

Ini mungkin terdengar konyol tetapi sejumlah orang banyak mengalaminya. Sebelum memeriksa lebih jauh , hal yang pertamakali Anda lakukan jika kulkas Anda tidak dingin adalah melakukan pengecekan pada kabel kulkas, apakah ada tanda-tanda kabel terbakar dan pastikan juga kulkas Anda sudah tercolok kelistrik ? karena dari beberapa kasus banyak orang mengalami masalah kabel listrik kulkas yang rusak atau di gigit tikus dan menyebabkan kulkas mati dan pastinya menyebabkan kulkas Anda tidak dingin.

2. Periksa termostat (pengatur suhu) Kulkas Anda

Kulkas baru biasanya sudah disetel sebelumnya pada suhu kisaran menengah, antara 35 dan 37 derajat Fahrenheit karena itu adalah kisaran suhu optimal untuk lemari es agar makanan tetap aman. Namun, tombol pengatur suhu di dalam lemari es dapat terbentur dengan makanan yang Anda simpan dan menyebabkan pengaturan suhu berubah dan menyebabkan kulkas tidak dingin. Jadi pastikan pengaturan suhu kulkas Anda sudah sesuai.

3. Periksa Seal Pintu Kulkas Anda

Jika seal pada pintu “gasket pintu” pada kulkas Anda mengalami kerusakan, hal ini dapat menyebabkan udara dingin dari dalam kulkas keluar dan menyebabkan kulkas tidak dingin. Gasket pintu kulkas ini bisa menjadi rapuh seiring waktu dan masa pakai kulkas Anda, yang mengurangi kemampuannya untuk menutup pintu kulkas tetap rapat.

Lakukan penggantian seal pintu kulkas , jika Anda melihat kerusakan.

4. Pastikan Posisi Kulkas Anda ditempatkan pada Tempat yang rata

Jika Anda menempatkan kulkas ditempat yang tidak rata. Ada kemungkinan pintunya yang berat tidak selalu tertutup rapat. Jadi pastikan posisi kulkas Anda sudah rata.

5. Bersihkan gulungan kondensor

Kulkas Anda dilengkapi dengan koil kondensor yang diisi dengan refrigeran. Seiring waktu, kumparan yang tidak berada dalam unit tertutup bisa menjadi tertutup oleh debu, rambut, sampah, atau bulu hewan peliharaan, yang mengurangi kemampuannya untuk menjaga udara di lemari es tetap dingin. Lakukan pembersihan dengan memanggil tukang service.

6. Udara dingin tidak bersirkulasi dengan baik

Udara dingin bersirkulasi bolak-balik melalui ventilasi yang mengalir di antara kompartemen freezer dan kompartemen kulkas. Jika kotak makanan atau benda lain yang ada didalam kulkas Anda menghalangi ventilasi, sirkulasi udara dingin dapat terhalang, ini bisa menyebabkan kulkas tidak dingin. Jadi pastikan tidak ada yang menutupi arus sirkulasi ini.

Jika semua cara diatas sudah Anda lakukan, dan tidak ada perubahan sama sekali, sebaiknya Anda menghubungi teknisi langganan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here