Cara Memperbaiki Windows 11 ACPI BIOS error

0

Windows stop code ACPI BIOS adalah sebuah masalah yang termasuk pada error BSOD atau yang sering kita kenal dengan error blue screen.  ACPI BIOS ini bertanggung jawab untuk mengelola penggunaan daya di komputer windows, baik itu windows 11 ataupun windows sebelumnya, termasuk menentukan waktu kapan sistem akan mulai atau mati.

Beberapa penyebab umum munculnya masalah ini disebabkan oleh masalah driver yang belum terupdate atau file sistem driver ada yang rusak. Dan pada kasus lain juga bisa disebabkan oleh driver yang tidak kompatibel . Umumnya ini terjadi pada sistem operasi baru , salah satunya adalah Windows 11.

Untuk membantu Anda mengatasi masalah ini, berikut adalah Cara Memperbaiki acpi bios error di Windows 11  :

1. Nonaktifkan AHCI di BIOS

Pertama masuk ke dalam BIOS Anda terlebih dahulu.  Setelah itu pergi ke menu Main > Sata Mode > Disable AHCI.

Catatan :

  • Jika tidak ada Disable, pilih opsi lain seperti Without RAID, atau pilihan lainnya.
  • Setiap merek Laptop / PC juga memiliki tampilan BIOS yang berbeda, jadi sesuaikan posisi menu AHCI ini di BIOS Anda.
  • Lakukan juga Pengaturan Default pada BIOS Anda.

2. Update Versi BIOS

Dari kode error, Anda sudah dapat mengenali kalau error ini disebabkan oleh masalah pada BIOS Anda. Pada solusi pertama ini, updatelah driver BIOS Anda ke versi terbaru. Anda dapat mendownload driver BIOS pada website yang memproduksi laptop/ pc Anda.

Contoh : jika Anda menggunakan laptop Asus, maka Anda dapat membuka website Asus untuk mendapatkan dan mendownload driver BIOS terbaru.

3. Update Seluruh Driver Anda

Cara aman untuk melakukan update adalah dengan mengunjungi website brand laptop atau PC Anda. Dan download driver versi terbaru dari sana. Pastikan Anda menginstall seluruh driver dengan versi terbaru.

4. Kalibrasi Ulang Baterai Laptop Anda

Jika ini terjadi pada laptop Anda, Anda dapat melakukan kalibrasi ulang pada baterai laptop Anda. Untuk caranya sdah kami bahas pada artikel sebelumnya pada link dibawah ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here