Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul

0

Saat ini bisa kita katakan hampir seluruh ponsel kita saat ini sangat bergantung dan membutuhkan koneksi internet. Karena hampir semua aplikasi dan dan game saat ini membutuhkan koneksi internet baik itu pada ponsel android ataupun iOS (iphone). Namun, ada beberapa pengguna ponsel yang mengalami masalah Data Seluler yang tidak berfungsi dan bahkan tidak muncul indikasi sinyal sama sekali.

Untuk membantu Anda, jika saat ini sedang mengalami masalah ini, berikut ini adalah solusi perbaikan yang bisa Anda lakukan .

1. Ubah Jenis Jaringan Data Seluler di Ponsel Anda

Ponsel saat ini memiliki berbagai macam jaringan, seperti 3G,LTE, 4G dan saat ini sudah akan rilis 5G. Dan pada pengaturan ponsel Anda juga memiliki pengaturan, seperti 4G Only . Maka cobalah untuk merubah konfigurasi menjadi Otomatis.

Alasanya, jika Anda menggunakan pengaturan 4G only, jika suatu saat Anda berada di wilayah yang tidak menjangkau sinyal 4G, maka sudah hampir dipastikan Data Seluler tidak akan muncul. Untuk itulah kami merekomendasikan pengaturan Otomatis saja.

2. Aktifkan Airplane Mode dan Restart Ponsel Anda

Fungsi airplane mode ini adalah untuk merefresh jaringan data seluler Anda. Karena ketika mode ini aktif dan dimatikan lagi, secara otomatis ponsel Anda akan mencari dan mendeteksi kembali sinyal data seluler yang tersedia.

3. Lepas dan Pasang Kembali Kartu SIM Anda

Ada kemungkinan juga debu atau posisi SIM Card yang terpasang tidak pas di dudukan SIM Card ponsel Anda. Cobalah untuk melepas SIM Card Anda, bersihkan debu yang menempel jika ada. Dan pasang kembali dengan benar.

4. Reset Pengaturan Jaringan

Anda dapat melakukan pengaturan jaringan dengan cara berikut :

Pengaturan > Mobile Network > Mobile Data > APN (Access Point Names) > Pilih Reset To default.

5. Pastikan Provider Tidak ada Masalah dan Berada Ditempat Yang Memiliki Sinyal

Jaringan dengan koneksi Data Seluler sangat bergantung pada lokasi Anda, jika saat ini Anda berada agak jauh dari Menara sinyal provider, kemungkinan Anda untuk mendapatkan sinyal juga lebih sedikit. Jadi pastikan lokasi dan wilayah Anda saat ini dapat menerima sinyal.

Jika ternyata Anda mendapatkan sinyal, namun Data Seluler masih juga tidak muncul , cobalah untuk menghubungi provider Anda untuk menanyakan masalah ini.

6. Pastikan Nomor IMEI Ponsel Yang Anda Gunakan Terdaftar

Pastikan nomor IMEI ponsel yang kamu gunakan terdaftar di pemerintah. Untuk melakukan pengecekan Anda bisa baca artikel sebelumnya dibawah ini :

Jika IMEI Anda diblokir kemungkinan ponsel yang Anda gunakan tidak resmi atau Anda membeli ponsel Black Market.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini