Cara Mengatasi No Bootable Device Insert Boot Disk

0

Pesan Error : No Bootable Device – Insert Boot Disk adalah sebuah pesan kesalahan Windows yang berarti bahwa sistem Anda gagal menemukan drive boot dan tidak dapat menemukan file boot yang diperlukan. Meskipun kesalahan biasanya disebabkan karena kerusakan fisik pada hardisk/flashdisk, beberapa masalah terkait perangkat lunak juga dapat memicu kesalahan ini. Pada artikel ini, kami akan memberikan cara untuk memperbaiki error “No Bootable Device – Insert Boot Disk” dan membuat PC Anda berfungsi kembali dengan cara yang mudah dimengerti.

Berikut ini adalah Cara Mengatasi No Bootable Device Insert Boot Disk :

1. Ubah Mode Boot ke UEFI di BIOS

Mengubah urutan boot ke UEFI telah membantu banyak orang memperbaiki masalah ini. UEFI adalah perangkat lunak tingkat rendah yang dimuat sebelum memboot sistem operasi. Ini adalah versi lanjutan dari BIOS dan dapat ditemukan di hampir setiap PC/laptop terbaru. Jika urutan boot secara tidak sengaja diubah pada PC Anda, itu tidak akan memuat file UEFI yang diperlukan dan juga mengganggu proses booting. Dalam hal ini, Anda cukup mengubah Mode Boot kembali ke UEFI dengan mengakses menu BIOS.

Restart dan masuk ke dalam BIOS komputer Anda, untuk masuk ke BIOS bisa dengan menekan tombol F1,F2,ESC,Delete tergantung merek laptop/pc Anda.

Pada pilihan Boot Options pilih UEFI.

***Catatan : Anda juga bisa membaca artikel lengkapnya disini.

2. Lakukan Perbaikan Boot

Jika cara pertama belum berhasil, lakukan perbaikan boot dengan cara yang sudah kami bahas pada artikel berikut ini .

3. Reset Windows 10 Anda

Anda bisa melakukan reset dengan cara berikut ini .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here