Pada artikel ini saya telah mengumpulkan beberapa cara terbaik untuk mengatasi panas berlebih pada ponsel android . Panas yang berlebihan pada ponsel android dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya : banyaknya aplikasi yang berjalan pada android Anda, memainkan game dengan spesifikasi tinggi, terpapar langsung oleh sinar matahari dan lain-lain nya.

Lalu bagaimana cara mengatasi panas berlebih pada ponsel android ? begini cara ampuh untuk mengatasi panas berlebihan pada Android Anda :

  1. Mengecek Softcase/hardcase yang Anda Gunakan

Memasang softcase/hardcase pada ponsel memang dapat melindungi dari beberapa resiko kerusakan yang disebabkan oleh terbentur, jatuh dan lain lain. Namun dibalik manfaat tentu ada minusnya, contohnya : Softcase/hardcase dapat menghalangi pembuangan saluran panas pada Ponsel Android , sehingga menyebabkan ponsel android anda terasa lebih cepat panas, padahal aplikasi yang berjalan tidak begitu banyak.

Solusi dari saya : pakailah softcase/hardcase yang didesign khusus untuk tipe android Anda.

Jika Anda mengunjungi situs jual beli online sudah banyak tersedia softcase/hardcase yang dijual untuk tipe-tipe tertentu.

 

  1. Tutup Aplikasi yang berjalan

Banyaknya aplikasi yang sedang berjalan dapat membuat ponsel android Anda cepat panas, jadi gunakanlah aplikasi seperlunya dan biasakan menutup aplikasi ketika tidak menggunakannya lagi.

 

  1. Charger Ponsel Android dengan cara yang benar

yang satu ini tampaknya cukup sederhana tetapi tahukah Anda ? ada cara yang benar dalam mencharger baterai ponsel Android dan ada cara yang tidak benar dalam mencharger baterai Android.

Cara mencharger baterai ponsel Android yang benar biasanya ada pada buku panduan ketika Anda membeli sebuah ponsel. Jika tidak ada berikut ini adalah tipsnya :

  • Pertama, pastikan smartphone terhindar dari benda yang dapat menyebabkan baterai memanas.dalam beberapa kasus, bahkan dapat menyebabkan ledakan.
  • Usahakan setiap mengisi baterai ponsel Android sampai penuh
  • Matikan ponsel atau gunakan fitur airplane mode ketika anda sedang mengisi baterai.
  1. Menghindari penggunaan ponsel Android dari sinar matahari.

Seminimal mungkin usahakan ponsel android Anda terhindar dari sinar matahari, karena dapat menyebabkan panas berlebih.

  1. Menggunakan Aplikasi Pendingin Ponsel Android

Kalau Anda sudah mengikuti semua tips diatas namun ponsel  Anda masih terasa panas cobalah download aplikasi pendingin ponsel android .

Disini saya mereferensikan aplikasi “Cooler” yang dapat Anda download secara gratis di google play store.

Mengapa saya mereferensikan aplikasi ini ? karena ada beberapa alasan dan fitur , apa saja fitur aplikasi ini ?

  • Adanya fitur pemantau suhu ponsel android Anda
  • Menganalisa penggunaan CPU dan mendeteksi aplikasi yang menyebabkan panas
  • Fitur mendinginkan ponsel android hanya dengan menyentuh satu tombol
  • Mencegah panas berlebih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here