Hal Yang Harus di Lakukan Ketika Baru Selesai Upgrade ke Windows 11

1

Apakah Anda baru saja selesai melakukan Upgrade Laptop/ PC Anda dari Windows 10 ke Windows 11 ? Jika ia, inilah yang harus Anda lakukan supaya windows 11 Anda tidak ada muncul error, tidak lambat , stabil , Media penyimpanan menjadi penuh, dan bisa tetap support dengan aplikasi dan program yang sudah terinstal sebelumnya.

Berikut ini adalah Yang Harus Anda Lakukan Ketika Baru Selesai Upgrade ke Windows 11

1. Kenapa Beberapa Aplikasi dan Program Error dan Tidak bisa Dibuka di Windows 11 ?

Intinya, Windows 11 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft, jadi salah satu masalah yang paling sering terjadi setelah Anda upgrade ke windows 11 adalah masalah kompatibilitas. Jadi, untuk mengatasi masalah semacam ini Anda harus melakukan Update Kumulatif, untuk caranya ikuti langkah langkah dibawah ini :

  • Klik menu start > Settings > Update
  • Disana Anda akan melihat daftar update seperti net framework, directx, dan aplikasi sistem penting lainnya yang tersedia untuk dijalankan, segera lakukan update agar tidak ada aplikasi dan program yang mengalami masalah di windows 11.

2. Kenapa SSD atau Hardisk Saya Penuh Setelah Melakukan Upgrade ke Windows 11 ?

Apabila Anda memeriksa kapasitas SSD atau Hardisk di drive C, Anda akan melihat cukup banyak ruang space yang terisi . hal itu wajar, karena proses upgrade akan menyimpan beberapa file upgrade yang di download di temporary file yang berada di disk C PC/ Laptop Anda.

Untuk itu, setelah upgrade segera lakukan disk cleanup untuk memperbaiki masalah disk yang penuh ini. Dari pengalaman saya, setelah melakukan disk cleanup dapat menambah kapasitas SSD saya sampai dengan 30 GB. Untuk caranya menjalankan disk Cleanup di windows 11,  ikuti langkah alngkah dibawah ini :

  • Tekan tombol Windows + S kemudian ketikkan perintah disk cleanup di pencarian dan klik disk cleanup.
  • Selanjutnya pilih dan klik clean up system files windows 11
  • Pada select the drive you want to clean up pilih drive C : dan klik OK

Ceklist file yang ingin Anda hapus, pastikan juga ceklist pada Windows Update Cleanup, karena biasanya itulah file yang paling besar dan banyak memakan space hardisk/ SSD. Untuk pilihan lain silahkan sesuaikan dengan keinginan Anda, Anda juga boleh menghapus semuanya.

Untuk memulai proses cleanup klik OK

3. Update Driver di Windows 11

Agar Windows 11 Anda berjalan dengan optimal, jangan lupa untuk melakukan update pada driver secara menyeluruh di Windows 11 Anda.

Anda dapat mengupdate pada device manager, jika pada situs produsen laptop/ PC anda belum ada versi update driver terbaru.

4. Coba Jalankan beberapa aplikasi di Windows 11 apakah ada masalah ?

Banyak user yang bertanya. Apakah Upgrade ke Windows 11 akan menghapus data dan aplikasi ? Jawabanya adalah TIDAK. Proses upgrade dari windows 10 ke Windows 11 tidak akan menghapus data Anda.

Namun Anda perlu untuk menguji beberapa aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya , apakah ada masalah yang Anda temukan ? Seringkali ada beberapa masalah muncul pada aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya saat Anda sudah upgrade ke windows 11.

Jika ada, silahkan tinggalkan komentar pada form dibawah ini disertai informasi error yang Anda alami, Kami Tim Bacolah.com dengan senang hati akan membantu Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini