Data Link Layer adalah lapisan kedua dari OSI Layered Model. Lapisan ini adalah salah satu lapisan yang paling rumit dan memiliki fungsi dan kewajiban yang sangat kompleks. Lapisan data link menyembunyikan detail perangkat keras yang mendasarinya dan mewakili dirinya sendiri pada lapisan atas sebagai media untuk berkomunikasi.

Lapisan data link berfungsi antara dua host yang terhubung secara langsung dalam beberapa hal. Koneksi langsung ini dapat berupa point to point atau broadcast. Sistem pada jaringan siaran dikatakan berada pada tautan yang sama. Pekerjaan layer data link cenderung menjadi lebih kompleks ketika berhadapan dengan banyak host pada domain collision tunggal.

Lapisan tautan data bertanggung jawab untuk mengubah aliran data menjadi sinyal sedikit demi sedikit dan mengirimkannya melalui perangkat keras yang mendasarinya. Di sisi penerima, lapisan tautan Data mengambil data dari perangkat keras yang berupa sinyal listrik, merakitnya dalam format bingkai yang mudah dikenali, dan menyerahkannya ke lapisan atas.

Data Link Layer (image from : techtarget.com)

Data link layer memiliki dua sub lapisan yaitu :

  • Logical Link Control adalah hal yang berkaitan dengan protokol, kontrol aliran, dan kontrol error.
  • Media Access Control adalah hal yang berkaitan dengan kontrol media yang sebenarnya

Fungsi Data link layer

Beberapa fungsi data link layer adalah :

  1. Framing adalah Lapisan data link yang berfungsi mengambil paket dari Network Layer dan merangkumnya ke dalam Frames. Lalu, ia mengirimkan setiap frame sedikit demi sedikit pada perangkat keras.
  2. Addressing adalah lapisan data-link yang menyediakan mekanisme pengalamatan perangkat keras pada lapisan 2.
  3. Synchronization ketika framing data dikirim pada tautan, kedua mesin harus disinkronkan agar transfer dapat dilakukan.
  4. Error Control terkadang sinyal mungkin mengalami masalah dalam transisi . Kesalahan ini terdeteksi dan berusaha untuk merecovery bit data yang aktual. Ini juga menyediakan mekanisme pelaporan kesalahan kepada pengirim.
  5. Kontrol Aliran  adalah stasiun pada tautan yang sama, mungkin memiliki kecepatan atau kapasitas yang berbeda. Lapisan data-link memastikan kontrol aliran yang memungkinkan kedua mesin untuk bertukar data pada kecepatan yang sama.
  6.  Multi Akses ketika sebuah host pada link yang bersamaan mencoba mentransfer data, ia akan memiliki kemungkinan terjadinya tabrakan yang cukup tinggi. Lapisan data link ini menyediakan mekanisme seperti CSMA / CD untuk melengkapi kemampuan mengakses media secara bersamaan di antara banyak Sistem.

Lapisan tautan data dan mengatasi error

Lapisan data link memastikan koneksi awal telah diatur, membagi data output menjadi sebuah bingkai . Ini juga memastikan data yang masuk telah diterima dengan sukses dengan menganalisis pola bit di tempat-tempat khusus dalam bingkai.

Jika terjadi sebuah kesalahan atau error, lapisan tautan data memberi tahu protokol tingkat yang lebih tinggi bahwa sesuatu telah terjadi pada link fisik. Kemampuan pengurutan frame dalam lapisan data link memungkinkan perangkat penerima untuk menyusun ulang frame yang mungkin telah dikirim secara tidak berurutan. Lapisan tautan data memverifikasi bahwa paket tidak rusak. Lapisan tautan data juga mengelola aliran dengan mengaktifkan perangkat pada tautan untuk mendeteksi kemacetan. Perangkat terdekat kemudian mengirimkan informasi masalah, sehingga lalu lintas dapat dialihkan dan dapat disesuaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here