Cara memperbaiki Error Can’t read from the source file or disk

Baru-baru ini, saya memiliki masalah yang boleh di bilang ini cukup aneh. Saya mencoba meng-copy beberapa file di komputer dan muncul tulisan error “ Can’t read from the source file or disk”. Yang anehnya lagi adalah saya  bisa dengan mudah memutar maupun membuka file tersebut tanpa ada masalah.Namun masalah itu hanya muncul ketika saya mencoba untuk meng-copy file. Dalam artikel ini, saya akan memberikan informasi mengapa error “ Can’t read from the source file or disk”. Terjadi dan bagaimana cara mengatasinya .

Batas Ukuran File

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika mengalami error “ Can’t read from the source file or disk”   adalah melihat seberapa besar file dan kemana Anda menyalinnya. Misalnya, jika file Anda adalah file film 5GB yang sangat besar, maka Anda tidak akan dapat menyalinnya ke hard drive eksternal yang diformat dengan FAT16. Drive berformat FAT16 hanya dapat mendukung hingga file 2GB. FAT32 hanya dapat mengcopy file  hingga file 4GB saja. Sebagian besar hard drive eksternal dan flash drive diformat dalam FAT16 atau FAT32. Untuk itulah saya merekomendasikan Anda menggunakan format NTFS. Anda bisa baca artikel sebelumnya Tentang “ Cara Meruba Format System Flashdisk /Harddisk Eksternal Anda dari FAT32 ke NTFS tanpa kehilangan data”

Kemungkinan Terjadinya Bad Sector

Jika Anda menggunakan drive eksternal (Flashdisk/ Hardsik ), Anda mungkin memiliki beberapa bad sector pada hard drive, yang menyebabkan masalah. Dalam hal ini, Anda harus memindai hard drive menggunakan alat seperti chkdsk . Anda bisa Baca Artikel cara menggunakan CHKDSK disini.

Terjadi Kerusakan Pada Kabel Hardisk Ekternal

Dalam beberapa kasus, masalahnya terkait dengan faktor perangkat keras lainnya. Jika Anda mencoba menyalin ke hard drive eksternal. Kadang-kadang faktor kabel Hardisk Ekternal bisa jadi masalah. Cobalah gunakan kabel Hardisk ekternail lain untuk memastikan nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *