Perbedaan Antara Windows 10 dan Windows 11

0

Seperti yang sudah kita ketahui, Microsoft baru-baru ini sudah merilis versi resmi dari Windows 11 tepatnya pada bulan Oktober. Meskipun pada tahap awal ini hanya beberapa PC dan Laptop dengan spesifikasi tertentu yang baru mendapatkan update, Anda mungkin bertanya-tanya apa saja sih… perbedaan antara Windows 10 dan Windows 11 ini.

Bagi Anda yang sudah mendapatkan upgrade ke windows 11 , mungkin artikel kali ini dapat membantu Anda untuk mempertimbangkan, apakah perlu segera melakukan Upgrade ke Windows 11 atau tetap bertahan Windows 10 untuk sementara. Karena Windows 10 akan tetap mendapatkan layanan update sampai tahun 2025, dan itu adalah waktu yang cukup lama.

Berikut adalah Perbedaan Antara Windows 10 dan Windows 11

1. Perbedaan Design Windows 10 dan Windows 11

Dari segi tampilan dan design, Windows 11 memiliki antarmuka baru secara keseluruhan, jika Anda pernah melihat tampilan Mac OS, Windows 11 ini lebih mirip Mac ke OS terlebih lagi posisi dan icon menu taskbar ada di tengah. Selain itu desain windows 11 lebih bersih dan cantik untuk dipandang.

2. Perbedaan Performa Windows 10 dan Windows 11

Melihat dari perbedaan kinerja, dari pengalaman yang kami rasakan Windows 11 tergolong lebih stabil dan cepat bila di banding dengan windows 10. Hal ini dapat kami rasakan Ketika kami mencoba mode sleep di komputer windows 11 lebih cepat untuk merespon dibandingkan dengan windows 10.

Dan kami juga melihat informasi statistic di Taskmanager, statistik penggunaan resource CPU, RAM , Disk dan lainya lebih stabil di Windows 11.

Catatan :

Jika Anda baru saja melakukan upgrade ke Windows 11 Jangan lupa untuk melakukan beberapa penyesuaian pengaturan dan optimasi , guna mendapatkan kecepatan yang optimal. Untuk caranya Anda bis abaca artikel sebelumnya dibawah ini :

Hal Yang Harus di Lakukan Ketika Baru Selesai Upgrade ke Windows 11

3. Integrasi Aplikasi Android

Pada windows 10 Anda masih memerlukan emulator untuk menjalankan aplikasi Android, pada Windows 11 Anda tidak lagi membutuhkan emulator, karena windows 11 sudah terintegrasi dengan aplikasi Android.

4. Optimasi Game

Dari sisi game, Windows 11 sudah memiliki fitur tertentu yang biasanya hanya Anda temukan di konsol Xbox. Fitur, seperti Auto HDR dan DirectStorage, untuk meningkatkan dan mengoptimalkan saat bermain game. Yang pada windows 10 Anda tidak akan menjumpai fitur ini.

5. Kompatibilitas Driver dan Hardware

Karena windows 11 tergolong baru, maka kemungkinan Anda akan menjumpai masalah pada kompatibilitas dengan hardware dan driver Anda. Dan ini sangat berbeda dengan windows 10 yang bisa kita simpulkan sudah mensupport semua driver dan hardware.

Jika Anda memiliki perangkat dan aplikasi yang belum support dengan windows 11, kami menyarankan untuk tetap menggunakan windows 10 sampai windows 11 sudah dapat mensupport hardware dan driver Anda.

6. Multitasking dan Dukungan Monitor

Pada Windows 11, Anda dapat meningkatkan kinerja multitasking dengan menggunakan fitur Snap Layouts yang dapat mengelompokkan jendela Anda dan menyimpannya ke bilah tugas. Anda cukup mengarahkan kursor ke tombol untuk memaksimalkan dalam berbagai ukuran. Dan tentu saja Windows 10 tidak akan memiliki fitur ini.

Windows 11 juga memiliki sebuah window di monitor eksternal yang artinya ini akan menyimpannya dalam keadaan itu ketika Anda memutuskan sambungan dari monitor dan kemudian menyambungkannya kembali. Dan windows 11 sudah mendukung monitor HDR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here